Menu

Waspada! Ini 3 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Asam Urat, Jangan Coba-coba Bandel Ya Beauty!

25 Juni 2024 21:25 WIB
Waspada! Ini 3 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Asam Urat, Jangan Coba-coba Bandel Ya Beauty!

Ilustrasi Asam Urat (Freepik.com/master1305)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu punya penyakit asam urat? Untuk para penderitanya, tentu saja banyak sekali pantangan yang wajib diperhatikan agar asam urat tak kambuh dan bisa dengan nyaman menjalani aktivitas.

Asam urat sendiri merupakan zat sisa yang dihasilkan oleh tubuh saat mencerna makanan tertentu. 

Kondisi yang paling umum adalah munculnya rasa nyeri di beberapa bagian tubuh dan disertai pembengkakan apabila kadar asam urat sedang naik.

Dalam mengonsumsi makanan, beberapa jenis sumber pangan seperti kacang-kacangan sangat dihindari oleh penderita asam urat. 

Selain itu makanan tinggi kandungan purin yang bisa memicu kadar asam urat juga perlu dihindari. Berikut 3 makanan yang sebaiknya dibatasi atau dihindari dikonsumsi oleh penderita asam urat.

1. Jeroan

Salah satu jenis makanan yang perlu dihindari dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah bagian jeroan. Melansir dari artikel berjudul “Gout Diet: Foods to Eat and Avoid”, jeroan atau organ dalam hewan seperti sapi, kambing, ayam atau bebek tak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Bagian seperti usus, hati, limpa, otak, ginjal dan jantung mengandung kadar purin yang cukup tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat pada seseorang. Bahkan, kendati cara memasak bahan pangan tersebut dengan sedikit minyak atau direbus, tetap tak mengurangi risiko meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh seseorang.

Baca Juga: Kulit Jerawat Kumpul! Ini 3 Makanan 'Beracun' yang Bawa Petaka untuk Kulitmu, Jangan Coba-coba Santap Ya Beauty!

Baca Juga: Waspada! Ini 3 Makanan yang Wajib Dihindari Karena Bisa Bikin Jerawat Makin Meradang, Kamu Sudah Tahu Belum?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.