Menu

Waspada! Lidah Beda Warna Bisa Jadi Tanda Penyakit Lho Beauty, Cek Milikmu Sekarang Yuk!

26 Juni 2024 21:42 WIB
Waspada! Lidah Beda Warna Bisa Jadi Tanda Penyakit Lho Beauty, Cek Milikmu Sekarang Yuk!

Ilustrasi wanita menjulurkan lidah. (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Lidah salah satu indra sekaligus alat pengecap manusia ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk mendeteksi penyakit lho Beauty!

Seperti yang kamu ketahui, lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat mencerna makanan.

Rangsang yang diterima indera pengecap (lidah) adalah larutan zat berasa. Larutan ini akan diterima oleh reseptor pengecap (papila) yang terdapat di lidah.

Tahukah kamu, ternyata lidah juga dapat berfungsi sebagai komponen pendeteksi penyakit pada tubuh. Hal ini bisa dilihat dari warna lidah kita. 

Normalnya, lidah manusia berwarna merah muda. Namun, ada beberapa perubahan pada warna lidah yang dapat mengindikasikan adanya suatu gangguan tertentu.

Dilansir dari buku Ensiklopedia Mini Panca Indera Manusia oleh Rizky Utami yang diterbitkan oleh Penerbit ANGKASA Bandung dilansir melalui laman sindikasi konten suara.com, berikut ini beberapa penjelasan mengenai warna lidah yang bisa menjadi salah pendeteksi penyakit pada tubuh.

1. Lidah berwarna putih

Jika lidah berwarna putih, biasanya ia menderita tifus. Warna putih pada lidah juga bisa menandakan gejala flu atau gangguan pencernaan. Jika lidah putih tipis-tipis, biasanya penderita mengalami kekurangan darah.

2. Lidah berwarna merah

Warna merah pada lidah mengindikasikan aktivitas panas pada tubuh. Apabila warna merah hanya di ujung lidah, menandakan adanya panas pada jantung. 

Bila warna merah terdapat di sisi kanan dan kiri lidah, berarti terjadi gangguan ginjal dan kandung empedu. Sedangkan jika warna lidah merah keunguan, menandakan adanya panas dan statis darah.

3. Lidah berwarna biru

Warna biru pada lidah menandakan adanya statis darah atau dingin. Namun, jika warna biru keunguan, berarti kondisi penderita lebih parah.

Baca Juga: Alamak Warna Lidah Bisa Jadi Tanda Suatu Penyakit, Punyamu Normal Gak Beauty?

Baca Juga: Alami Hal Tak Biasa, Inul Daratista Akui Pernah Muntah Darah dan Idap Penyakit Misterius! Ada Apa?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan