Menu

Gak Takut Rusak! Ini Rahasia Rambut Badai dan Lembut Meski Sering Dicatok, Fiks Wajib Tahu!

02 Juli 2024 08:40 WIB
Gak Takut Rusak! Ini Rahasia Rambut Badai dan Lembut Meski Sering Dicatok, Fiks Wajib Tahu!

Ilustrasi rambut sehat (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Meski jarang diperhatikan, rambut adalah salah satu organ tubuh yang penting untuk dijaga. Sama seperti kulit, rambut juga bisa mengalami kerusakan lho Beauty!

Biasanya, masalah yang datang pada rambut bisa dikenali dari teksturnya yang kering, kasar, dan mudah patah. Apakah kamu merasakan salah satunya?

Kondisi rambut rusak seperti disebutkan di atas biasanya dipicu karena berbagai kebiasaan buruk, seperti penggunaan alat styling catokan dan hair dryer, paparan sinar matahari, serta mewarnai rambut. 

Itu sebabnya, merawat rambut hanya dengan sampo dan kondisioner saja tak cukup bila kamu sering terkena berbagai faktor pemicu tersebut. 

Hair Expert dr. Nevristia Pratama, Sp.DVE., mengatakan rambut juga perlu antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas dari paparan sinar UV sampai uap panas dari alat styling. 

"Karena antioksidan itu senyawa yang melindungi rambut dari proses penuaan dan radikal bebas seperti sinar UV. Fungsinya untuk menjaga dan melembabkan rambut. Juga harus rutin cuci rambut dengan sampo yang sesuai dengan jenis rambut," kata dokter Nevrista dilansir pada Selasa (2/7/2024). 

Rambut yang sehat, lanjut dr. Nesrista, ditandai dengan setiap helaian yang berkilau dan memukau. Meski masyarakat Indonesia mulai menyadari tentang kesehatan rambut, perawatan yang dilakukan masih banyak yang keliru. 

Menurut riset internal Ellips, hanya 41 persen perempuan Indonesia dalam rentang usia 15-39 tahun yang menggunakan vitamin rambut. 

Sisanya 59 persen mengakui tak menggunakan vitamin rambut karena yakin kalau rambutnya tak memerlukan perawatan khusus untuk tetap sehat. 

Kebanyakan orang juga menganggap tanda penuaan pada rambut hanya terkait dengan perubahan warna saja. Padahal, penuaan rambut bukan berarti ditandai adanya uban. 

Baca Juga: Bikin Rambut Tetap Sehat, Ellips Ajak Wanita Indonesia Tingkatkan Kesadaran dengan Moroccan Oil, Kamu Mau Coba Juga Gak Beauty?

Baca Juga: Hempas Rambut Bercabang dengan Mudah, Ini 7 Perawatan Rambut Sehat dan Halus, Nomor 4 Wajib Tahu!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan