Menu

Deretan Manfaat yang Akan Beauty Dapatkan Jika Rajin Latihan Beban

07 Juli 2024 18:30 WIB
Deretan Manfaat yang Akan Beauty Dapatkan Jika Rajin Latihan Beban

Olahraga angkat beban. (Pixabay/ Scott Webb)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamau sering melakukan latihan beban? Menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 4 Juli 2024, latihan beban itu merupakan jenis olahraga yang fokus pada penggunaan beban, baik beban tubuh sendiri maupun alat bantu.

"Dimana latihan beban dirancang untuk melatih otot-otot tubuh seperti lengan,otot dada, bahu, punggung, kaki, paha, betis serta bokong," tutur dr. Riza dikutip Herstory, Minggu (7/7/2024).

Untuk fungsinya sendiri sangat beragam, mulai dari membentuk otot, latihan beban juga bisa memberikan manfaat lain jika rutin dilakukan, seperti menurunkan berat badan, perbaiki postur tubuh, dan memperkuat tulang dan jaringan ikat.

Meski begitu, jika kamu ingin memfokuskan pada latihan beban, iniĀ  tips yang harus kamu terapkan.

1. Lakukan pemanasan, seperti peregaangan atau jogging selama 5 menit sebelum memulai latihan beban. Itu berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke otot sehingga mencegah risiko terjadinya cedera.

2. Mulailah dari beban yang ringan, jika sudah mulai terbiasa maka bisa ditingkatkan frekuensi latihan.

3. Batasi waktu latihan tidak lebih dari 45 menit.

4. Lakukan pendinginan setelah latihan beban selesai.

5. Beri jeda 1-2 hari diantara sesi latihan untuk memulihkan energi dan memberi kesempatan bagi otot untuk beristirahat.

Baca Juga: Berisiko Sebabkan Keguguran, Moms Hamil Jangan Sekali-kali Lakukan Olahraga Ini, Apa Saja?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan