Pelaku usaha lokal, NPURE dan SAFF & Co. mengungkapkan kegiatan live shopping masih sangat diminati masyarakat lewat ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok. (HerStory/Azka Elfriza)
Beauty kamu sadar gak sih kalau ternyata tren live shopping tuh berpengaruh banget ya dengan kehidupan! Bahkan, belanja kamu juga semakin semangat jika ditemani host yang antusias, kan?
Nah pada Senin, 19 Agustus 2024 kemarin, Tokopedia menggelar bincang cantik dengan para pelaku usaha lokal yakni NPURE dan SAFF & Co yang juga merasakan dampak tersebut lho!
Rupanya, menurut sebuah riset, sebanyak 87 persen masyarakat Indonesia mengaku pernah menonton live shopping dan 77 persen di antaranya melakukan transaksi via fitur tersebut. Nah, kamu yang mana nih?
Karena hal itu, tentu saja live shopping menjadi fenomena yang sangat melekat dengan gaya hidup masyarakat Indonesia.
Dengan itu, kolaborasi antara Tokopedia dan ShopTokopedia terus menghasilkan dampak yang signifikan. Saat ini, ada lebih dari 21 juta penjual tergabung di platform Tokopedia dan ShopTokopedia, yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses lebih banyak produk kebutuhan dengan kualitas dan harga yang transparan, sekaligus berbelanja online dengan cara yang lebih menarik.
Bahkan, tercatat bahwa ada 60 persen konten promosi di TikTok dukung produk lokal di ShopTokopedia dan ini mendorong Tokopedia dan ShopTokopedia terus menggencarkan kampanye Beli Lokal dan Promo Guncang agar produk buatan brand lokal selalu mendapatkan panggung khusus.
"Fitur live shopping di ShopTokopedia, yang tersedia dalam aplikasi TikTok, memberikan strategi pemasaran interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha termasuk brand lokal dari berbagai kategori, mulai dari Kecantikan dan Perawatan Diri, Fashion, Makanan dan Minuman, hingga kategori lainnya, untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan berinteraksi langsung dengan calon pembeli," ungkap Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Rizky Juanita Azuz.
Bahkan ditegaskan pula oleh Rizky bahwa para pelaku bisnis mengalami peningkatan hampir 7 kali lipat dibandingkan penjual lainnya jika sedang melakukan live shopping lho Beauty!
"Pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping. Beberapa kategori yang paling laris di live shopping di ShopTokopedia selama semester I 2024, antara lain, kategori Skincare atau Perawatan Kulit, Hijab dan Dessert atau Makanan Manis," ungkap Rizky.
“ShopTokopedia juga mencatat bahwa di DKI Jakarta, jumlah pelaku usaha yang melakukan live shopping melonjak hampir 2 kali lipat selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023. ShopTokopedia juga melihat beberapa daerah lainnya, seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur, mengalami kenaikan jumlah penjual yang melakukan live shopping hingga 1,5 kali lipat,” lanjutnya.
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.