Sebagai orang tua, pasti ingin segala hal yang terbaik untuk si kecil. Para orang tua pun berupaya untuk memberikan fasilitas yang maksimal agar mental, fisik, dan intelektual anak bisa berkembang dengan baik di masa pertumbuhan.

Nah, ternyata mendengarkan musik punya pengaruh yang signifikan untuk perkembangan anak lho. Tentunya perkembangan dalam hal yang positif. Penasaran? Berikut ini 5 manfaat mendengarkan musik untuk anak di masa pertumbuhan:

1. Meningkatkan Kekuatan Otak

Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa musik memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan mental anak. Salah satu manfaatnya adalah membantu meningkatkan kekuatan dan fungsi memori di bagian otak.

Melansir Budsies (16/3/2021) ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa otak musisi bekerja secara berbeda dari otak non-musisi. Itu juga menunjukkan bahwa siswa yang terpapar musik saat tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik di bidang akademis daripada siswa yang tak mendengarkan musik.

Penelitian ini menjelaskan bahwa musik membantu merangsang bagian otak yang bertanggung jawab untuk membaca, menghitung, dan perkembangan emosional.

2. Meningkatkan Keterampilan Sosial

Saat tumbuh dewasa, banyak anak akan menghadapi tantangan dalam beradaptasi secara sosial. Cara terbaik untuk membantu anak-anak mengatasi hal ini adalah dengan mendorongnya untuk belajar memainkan alat musik atau menjadi bagian dari kelompok menyanyi.

Hal ini membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan sosial, seperti bagaimana berhubungan dengan orang, bagaimana bekerja dalam tim, kepemimpinan, dan disiplin, dan bagaimana menghargai penghargaan dan prestasi.

Baca Juga: Manfaat Musik Bagi Anak, Bisa Membantu Perkembangan Otak Si Kecil Lho Moms!