Menu

Rayakan Ulang Tahun ke-15, Tokopedia dan ShopTokopedia Perkuat UMKM Lokal Topang Ekonomi Digital

26 Agustus 2024 01:30 WIB
Rayakan Ulang Tahun ke-15, Tokopedia dan ShopTokopedia Perkuat UMKM Lokal Topang Ekonomi Digital

Festival Beli Lokal dari Tokopedia (istimewa)

HerStory, Jakarta —

Beauty, Tokopedia baru saja merayakan ulang tahun ke-15. Tokopedia bersama ShopTokopedia menargetkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memperkuat UMKM lokal. 

Salah satunya dengan memberikan panggung yang lebih luas kepada produk dan brand lokal lewat Festival Beli Lokal pada tanggal 24-25 Agustus 2024 di Plaza Timur Senayan, Jakarta. 

Festival ini menghadirkan ratusan merek lokal dari beragam industri dan wilayah di Indonesia, pengalaman belanja online-to-offline, serta sejumlah musisi ternama tanah air.

"UMKM dalam negeri adalah tulang punggung ekonomi. Pertumbuhan ekonomi baru dapat diakselerasi jika kita bisa merespon peluang baru melalui pemanfaatan teknologi dengan cara baru, serta berbagai inovasi. Maka selain mengadakan Festival Beli Lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku usaha khususnya UMKM lokal memaksimalkan pemanfaatan konten video termasuk live streaming untuk membangun brand, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan," kata President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto.

Penjual yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat. "Hal ini melatarbelakangi kami mengadakan sederet pelatihan untuk membuat penjual makin fasih membuat konten video promosi. Kami pun mencetak lebih banyak kreator konten sekaligus afiliator muda yang bisa membantu promosi produk dari UMKM lokal, misalnya melalui program seperti Creators Lab," jelas Melissa. 

Tokopedia dan ShopTokopedia juga telah berkolaborasi bersama sederet menteri dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk lokal melalui live shopping.

Tokopedia dan ShopTokopedia di sisi lain melakukan beragam program pemberdayaan seperti membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual biji kopi. Pada Juli 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia mengedukasi 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan. 

Baca Juga: Tren Live Shopping Makin Diburu, NPURE dan SAFF & Co Raih Cuan Fantastis Gegara ShopTokopedia!

Baca Juga: Kenalan dengan Brand Lokal Sambil Piknik, Bisa Banget Beauty! Cusss Kepoin Acara Taman Brightspot 2024 di Urban Forest Cipete

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan