Menu

Dear Bunda! Lakukan Cara Ini Saat Anak Memasuki Usia Golden Age

13 Januari 2020 13:15 WIB
Dear Bunda! Lakukan Cara Ini Saat Anak Memasuki Usia Golden Age

Anak kecil yang sedang tertawa sambil memegang buku (Unsplash/Ben White)

HerStory, Jakarta —

Perlu Beauty tahu, Golden Age adalah usia anak pada masa-masa awal hidupnya, yaitu ketika mereka berumur 0 sampai dengan 5 tahun. Bisa dibilang ini adalah masa perkemabangan terbaik untuk fisik dan otak anak. 

Golden Age juga disebut sebagai masa-manya anak sedang kritis, masa mulai mengenal sosialisasi, bermain, meniru, dan juga kreatif.  Tapi sayangnya nih Beauty, banyak orang tua yang masih kurang memperhatikan akan hal itu.

Siapa sih orang tua yang enggak mau melihat anaknya tumbuh dan berkembang? Ada beberapa tahapan pada anak untuk berkembang secara optimal. Cara terbaik yang harus orang tua berikan ialah mengetahui dan mengoptimalkan masa emas pada anak atau Golden Age.

Biar enggak salah dalam mengoptimalkan perkembangan anak di usia Golden Age-nya, berikut HerStory rangkum cara apa saja yang bisa dilakukan terhadap anak di usia emasnya seperti yang dilansir dari berbagai sumber:

Belajar sambil bermain

Dengan bermain, anak-anak di usia Golden Age-nya lebih cepat tanggap dalam rangsangan. Suasana hati yang gembira, otak anak akan dalam kondisi tenang sehingga ia dapat menyerap banyak hal dengan baik. 

Coba deh ajak anak bermain dengan permainan yang membuat anak belajar untuk manajemen waktu, cara mengatasi konflik, dan belajar untuk bertanggung jawab. Ajaklah si Kecil untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, keluarga, teman sebaya, atau orang sekelilingnya biar enggak gugup saat berada di tengah keramaian.

Ajak anak berbicara

Mungkin sebagian Ibu, sering mengajak anaknya berbicara sejak dalam kandungan. Hal ini akan menstimulus perkembangan otaknya dalam merangsang sesuatu. Saat lahir, lakukan hal serupa untuk membantu mengoptimalkan perkembangan anak.

Mengajari bahasa

Bahasa adalah cara anak untuk berkomunikasi dengan lingkungannya. Ajari anak untuk cakap dalam berbahasa, terutama memperkenalkan bahasa daerahnya sendiri. Jangan sampai anak tumbuh tanpa paham betul soal bahasa daerahnya. Yuk, coba tanamkan pada anak untuk cinta terhadap bahasa daerah asalnya.

Mendukung potensi anak

Dukunglah selalu potensi yang mereka miliki di usia golden age. Orang tua yang paham betul soal golden age akan mengarahkan potensi yang dimiliki anak secara benar. Misalnya kalau si Kecil suka menyanyi, dukunglah dia dengan memasukkannya dalam les menyanyi, dukunglah dia untuk ikut dalam kontes menyanyi, dan masih banyak lagi. 

Yang perlu diingat, jangan hancurkan potensi yang mereka miliki dengan banyak larangan atau menakut-nakutinya. Dengan begitu, tumbuh kembangnya akan terganggu.

Pendidikan anak usia dini

Alternatif lainnya yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, ialah memasukkannya ke dalam PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini. Carilah PAUD yang terbaik untuk si Kecil, pilih secara selektif ya!

Perlu kamu ketahui, PAUD yang baik adalah yang memiliki banyak waktu bermain yang cukup. Dengan begitu mereka akan terasah fungsi motorik, kognitif, dan emosinya.

Nah, Beauty itu tadi hal yang bisa dilakukan saat anak memasuki usia Golden Age. Banyak cara positif lainnya yang bisa kamu terapkan untuk mengoptimalkan masa tumbuh berkembang si Kecil.

Baca Juga: Anak Susah Makan Buah? Ini Risiko yang Mengintai si Kecil dan Solusi yang Bisa Dilakukan, Catat Ya Moms!

Baca Juga: Jangan Asal Moms! Ini 6 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan saat Kasih Mainan ke Balita, Jangan Sampai Nyesel!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha