Jika sedang mencoba program hamil, penting untuk mengetahui siklus mentruasi. Hal ini dilakukan guna melacak masa subur wanita sehingga peluanh untuk hamil menjadi lebih besar.

Di samping itu, beredar mitos bahwa melakukan hubungan seks saat wanita menstruasi tak mungkin menyebabkan kehamilan. Lantas apakah itu benar?

Melansir laman Healthline (16/3/2021) berhubungan seks saat menstruasi ternyata masih bisa menyebabkan kehamilan. Namun, peluang untuk hamil terbilang cukup rendah dibanding saat masa subur.

Bagaimana seorang wanita bisa hamil saat menstruasi?

Banyak orang keliru bahwa pendarahan sebagai tanda menstruasi. Padahal pendarahan juga bisa terjadi selama ovulasi saat masa subur. Melakukan hubungan seks tanpa kondom saat masa ini secara dramatis meningkatkan peluang untuk hamil.

Untuk wanita rata-rata, siklus ovulasi antara 28 dan 30 hari. Artinya, jika kamj berhubungan seks saat sedang haid, kemungkinan besar kamu gak akan berovulasi sampai beberapa hari kemudian. Tetapi, untuk wanita bersiklus yang lebih pendek gak akan memiliki jumlah waktu yang sama antara menstruasi dan ovulasi.

Pertimbangan lainnya adalah sperma pria dapat hidup di dalam wanita hingga 72 jam setelah ejakulasi. Menjelang akhir periode menstruasi, peluang untuk hamil akan meningkat.

Baca Juga: Suami Ogah Bercinta? Jangan Panik, Ini 4 Cara yang Harus Istri Lakukan