Ketika masa menstruasi wanita mengalami perubahan hormon. Hal itu tentu meberikan efek yang beragam pada tubuh wanita. Salah satunya adalah membuat wanita jadi lebih bergairah secara seksual.

Ternyata hal itu disebabkan peningkatan libido saat wanita menstruasi. Hal itu dibeberkan oleh Nicole Bullock, D.O., seorang Obgyn di Texas.

"Saat siklus menstruasi normal, kebanyakan wanita akan merasakan peningkatan libido selama ovulasi. Ini masuk akal dari sudut pandang reproduksi," kata dr. Bullock dikutip dari Bussines Insider (16/3/2021).

Penelitian dari Hormones and Behavior mengungkapkan bahwa hormon estrogen serta progesteron dalam tubuh berpengaruh terhadap gairah seksual wanita di saat menstruasi.

Baca Juga: Menstruasi Bikin Gila Belanja? Ini 5 Fakta Tentang Menstruasi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Menambahkan dr. Bullock, seorang Obgyn dari Amerika Serikat, Dr. Adeeti Gupta, MD, menjelaskan bahwa hormon estrogen yang meningkat membuat wanita menjadi lebih mudah terangsang hinga meningkatkan rasa ingin bercinta. Sementara itu, gairah seksual yang tengah meningkat bisa distabilkan denga hormon progesteron.