Moms jangan panik ya ketika kulit si kecil mengelupas saat baru lahir. Bayi yang baru lahir wajar kok mengalami pengelupusan kulit. Moms bisa atasinya dengan berbagai cara agar gak menimbulkan iritasi.

Bayi yang baru lahir selalu menyita perhatian orang tua. Apa lagi, jika Moms baru pertama kali melahirkan, Moms akan memberikan perhatian lebih kepada si kecil. Selain itu, sering muncul rasa panik jika si kecil mengalami suatu gejala yang kurang baik, mislanya kulit yang mengelupas.

Pada minggu awal kelahiran, kulit bayi memang kerap mengelupas dan kering. Ini merupakan hal yang wajar dan akan hilang seiring bertambahnya usia bayi.

Pada umumnya, bayi akan menglamai banyak perubahan di beberapa minggu awal usianya. Salah satu perubahan adalah kulit kering dan mengelupas. Kondisi ini terjadi akibat hilangnya lapisan terluar kulit bayi yang melindungi kulitnya ketika berada di dalam kandungan atau disebut vernix.

Setelah bayi dilahirkan, lapisan vernix pun perlahan akan lepas sehingga membuat kulit bayi mengelupa dalam 1 -3 minggu. Umumnya pengelupasan kulit terjadi pada bagian tangan, telapak kaki, atau pergelangan kaki.

Dilansir dari berbagai sumber (16/03/2021), berikut cara mengatasi kulit bayi yang mengelupas.

Baca Juga: Moms, Begini Cara Tepat Merawat Kulit Bayi! Jangan Sampai Keliru Ya