Pernahkah Moms mendapati si kecil sulit untuk makan? Biasanya si kecil akan mau makan ketika perhatiannya sedang terlalihkan. Misalnya sambil diajak bermain, menonton tv, atau bahkan sambil berlarian.

Selain itu, Moms juga mungkin pernah menghadapi si kecil yang susah tidur. Si kecil maunya tidur begadang, nggak mau tidur siang, dan kalaupun tidur ia terlelap dalam waktu yang singkat.

Kalau sudah begini, apa yang biasanya Moms lakukan? Mungkin Moms pernah membiarkan si kecil untuk makan sambil menonton tv yang penting anak makan dengan lahap. Mungkin Moms juga pernah membiarkan si kecil tidur larut malam karena mungkin Moms menganggap anak belum mengantuk.

Tahukah Moms jika kebiasaan seperti ini sebenarnya bisa menjadi kebiasaan buruk jika dibiarkan. Hal ini disampaikan Dr. Kanya Ayu Paramastri, SpA, dalam acara bertajuk “Kupas Tuntas Aturan Makan, Tidur, dan Aktivitas Balita Untuk Optimalkan Tumbuh Kembangnya”, Selasa, (16/03/2021).

Dr. Kanya menjelaskan, bahwa hal ini sebenarnya bisa dihindari jika orang tua mau mengajarkan kedisiplinan pada si kecil. Caranya, Moms bisa mencontohkan bagaimana mereka seharusnya bersikap saat makan dan mengatur jam tidur.

"Ajarkan pada anak untuk makan yang benar. Beri contoh supaya gak jadi habit. (Bila dibiarkan) nanti jadi karakter. Misal orang tuanya suka begadang, nanti anak mikir kegiatan itu adalah hal yang normal," ujarnya.

Meski terlihat sepele, hal ini adalah pelajaran dasar yang penting untuk mendisiplinkan buah hati. Beritahu si kecil kalau ia harus duduk dengan benar saat makan. Awalnya mungkin akan sulit, namun jika dibiasakan si kecil pasti akan menurut.

Baca Juga: Seberapa Penting Stimulasi untuk Tumbuh Kembang Anak?

Selain itu, tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu si kecil untuk tumbuh lebih optimal. Jadi, mulai biasakan pola makan dan tidur yang baik pada anak, ya Moms!