Beauty, kamu mungkin pernah mendengar nasihat bahwa setelah harus buang air kecil segera setelah bercinta? Ternyata hal itu bisa membantu membersihkan uretra dari bakteri berbahaya lho.

Menurut ginekolog Dr. Alyssa Dweck, manfaat dari buang air kecil setelah berhubungan seksual adalah membantu mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih.

"Dengan buang air kecil sebelum dan sesudah dan berhubungan seks, aliran urin secara mekanis langsung membersihkan dan membilas bakteri yang bisa masuk ke uretra, tempat buang air kecil. Buang air kecil sebelum berhubungan seks juga bisa bermanfaat karena dekompresi kandung kemih untuk kenyamanan," tutur Dr. Dweck dikutip Insider (17/3/2021).

Saat berhubungan intim, bakteri bisa berpindah dari alat kelamin ke uretra. Uretra adalah saluran yang menghubungkan kandung kemih ke lubang uretra tempat keluarnya urin. Bakteri kemudian dapat berpindah dari uretra ke kandung kemih, menyebabkan Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Wanita 30 kali lebih berisiko terkena ISK dibandingkan pria. Hal itu disebabkan karena uretra wanita dekat dengan vagina dan anus. Artinya, bakteri dapat dengan mudah menyebar dari area tersebut ke uretra. Selain itu, uretra pada wanita lebih pendek daripada pada pria. Artinya bakteri yang masuk ke uretra bisa mencapai kandung kemih dengan lebih mudah.

Apakah buang air kecil setelah bercinta bisa mencegah kehamilan?

Baca Juga: Merapat Yuk! Ini Pentingnya Peran Suami saat Istri Sedang Berbadan Dua

Kencing setelah berhubungan seks enggak akan mencegah kehamilan. Uretra dan vagina merupakan bagian terpisah dari anatomi wanita. Akibatnya, buang air kecil tak akan mempengaruhi sperma yang masuk ke vagina. Menggunakan beberapa bentuk kontrasepsi adalah satu-satunya cara untuk mencegah kehamilan saat berhubungan seks.