Anak-anak sering kali menampilkan kebiasaan atau perilaku buruk pada usia yang sangat muda, sementara beberapa hilang seiring waktu dan yang lainnya tetap ada. Menggigit kuku, mencongkel hidung, mengisap jempol, dan memutar-mutar rambut adalah kebiasaan buruk paling umum yang dimiliki anak-anak yang menurut orang tua banyak di antaranya menjengkelkan.

Kebiasaan buruk ini seringkali hanya cara anak untuk mengatasi stres, kebosanan, nggak bahagia, lelah, frustrasi, rasa tak aman atau anak-anak mungkin melakukannya karena itu hanya memberi mereka kesenangan.

Kebiasaan buruk adalah pola perilaku berulang yang mungkin tidak pantas secara sosial. Biasanya, sebagian besar waktu anak-anak bahkan tidak sadar bahwa mereka sedang melakukannya. Kebiasaan buruk tersebut mungkin tak terlalu mengkhawatirkan bagi anak namun dapat mengganggu atau bahkan menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua.

Sebagai orang tua, Moms akan menemukan cara untuk mengubah kebiasaan yang tidak diinginkan sedini mungkin, tetapi ingatlah bahwa berteriak, menghukum, dan meminta perhatian pada kebiasaan buruk biasanya tak berhasil menghentikan perilaku tersebut, malah malah meningkatkannya.

Jadi, cara terbaik untuk membantu anak menghilangkan kebiasaan buruk adalah dengan mengatasi masalah dengan cara yang positif dan memiliki kesabaran untuk mencegahnya. Berikut adalah cara mencegah si kecil dari kebiasaan buruk seperti dilansir dari Boldsky, (17/03/2021).

1. Menggigit kuku

Baca Juga: Ramadan Tinggal Menghitung Hari, Ini Hal-hal yang Harus Moms Perhatikan saat Anak Pertama Kali Puasa