Kanker payudara jadi salah satu penyakit kronis yang mengancam kesehatan wanita. Untuk itu, penting mengenali gejala-gejala kanker payudara sejak dini. Salah satunya bisa dilakukan dengan rutin meremas payudara lho.

Menurut sebuah penelitian terbaru, meremas payudara bisa mencegah kanker. Penelitian ini dipaparkan oleh UC Berkeley dan Lawrence Berkeley National Laboratory. Para ilmuwan menemukan bahwa kekuatan mekanis dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker yang cepat. Selain itu, meremas payudara juga bisa membuat sel kanker kembali ke pola pertumbuhan yang normal dan sehat.

Melansir MSN News (17/3/2021) penemuan ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society for Cell Biology di San Francisco. Dalam studi tersebut, para ilmuwan menumbuhkan sel epitel payudara ganas dalam ruang silikon yang fleksibel. Para ilmwan akan meremas silikon ketika sel mencapai tahap baru, dan menemukan bahwa gerakan meremas itu bisa membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker.

"Orang-orang telah mengetahui selama berabad-abad bahwa kekuatan fisik dapat mempengaruhi tubuh kita. Saat kita mengangkat beban, otot kita menjadi lebih besar. Gaya gravitasi sangat penting untuk menjaga tulang kita tetap kuat. Di sini kami menunjukkan bahwa kekuatan fisik dapat berperan dalam pertumbuhan dan pemulihan sel kanker," ujar Gautham Venugopalan, anggota tim peneliti terkemuka di University of California di Berkeley.

Namun, para peneliti studi tersebut menganjurkan untuk meremas payudara secara lembut. Selain itu, para ilmuwan juga mengingatkan bahwa meremas payudara tak bisa menyembuhkan kanker.

Baca Juga: Kabar Baik! Sel Kanker Payudara Akan Mati total Ketika Wanita Menyusui

"Meremas payudara tak bisa dijadikan terapi pengobatan. Tapi kebiasaan ini (meremas payudara) memberi kita petunjuk untuk melacak molekul dan struktur yang pada akhirnya bisa menjadi target terapi," tutur Daniel Fletcher, profesor bioteknologi di Berkeley dan ilmuwan fakultas di Lab Berkeley, dalam sebuah pernyataan