Moms, sudah tahu kan kalau air ketuban berperan penting dalam fase kehamilan? Air ketuban yang normal berwarna jernih, jika air ketuban keruh dapat menganggu kondisi janin dalam kandungan. Oleh karena itu Moms harus tahu penyebabnya agar bisa mencegahnya.

Memasuki fase kehamilan tua memang harus banyak yang diperhatikan. Moms harus lebih menjaga kesehatan ibu dan janin. Pasalnya ketika sudah memasuki hamil tua, banyak hal yang terjadi, salah satunya air ketuban yang berubah warna menjadi keruh. Hal ini harus Moms perhatikan karena air ketuban sangat berperan bagi janin.

Air ketuban berperan penting dalam melindungi janin selama sembilan bulan di dalam kandungan. Selain itu, air ketuban juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kehamilan. Hal ini disebabkan air ketuban mengandung hormon, sel sistem kekebalan tubu, asupan nutrisi, hingga urin bayi.

Fungsi utama air ketuban untuk melindungi janin di dalam kandungan. Air ketuban juga memiliki fungs lain diantaranya membantu sistem pernapasan dan pencernaan, membantu otot dan tulang bayi semakin berkembang, dan lainnya.

Umumnya air ketuban yang normal berwarna jernih dengan sedikit warna kuning atau merah muda. Hal ini disebabkan air ketuban terdiri dari 99% air. Jika air ketuban berwarna keruh, menandakan air ketuban gak normal dan bisa menganggu kondisi janin dalam kandungan.

Untuk mencegah hal tersebut Moms perlu mengetahui penyebabnya. Dilansir dari berbagai sumber (17/03/2021), berikut penyebab air ketuban keruh.

Baca Juga: Bumil Harus Hati-hati! Ini 4 Penyakit yang Sering Ditemukan pada Wanita Hamil