Cegukan adalah hal biasa yang terjadi pada bayi. Bayi biasanya mulai cegukan karena makan terlalu banyak atau terlalu cepat. Sebenarnya hal ini adalah hal yang wajar danĀ ngakĀ perlu dikhawatirkan.

Satu-satunya masalah adalah ketika si kecil akan marah dan menangis jika cegukan berlangsung lama. Cara termudah untuk menghentikan cegukan pada orang dewasa adalah dengan menahan napas untuk beberapa saat. Namun metode ini terlalu berisiko bagi bayi. Simak beberapa solusi alternatif untuk mengatasi cegukan pada bayi yang dilansir Boldsky (17/03/2021).

Mengubah posisi menyusui

Kadang-kadang, bayi menelan udara terlalu banyak selama menyusui. Hal ini dapat menyebabkan serangkaian cegukan bayi. Jadi, Moms perlu mengubah posisi menyusui untuk membatasi jumlah udara yang masuk ke mulut bayi.

Bersendawa

Sangat penting agar bayi bersendawa setelah Moms selesai menyusui. Bersendawa dilakukan untuk mengeluarkan udara atau gas berlebih di perut bayi. Namun dalam beberapa kasus, bersendawa dapat membantu melepaskan kejang otot di diafragma dan dengan demikian dapat menghentikan cegukan bayi.

Pijat bagian belakang

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Lakukan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Bayi