Biasanya penyakit anoreksia muncul setelah penderitanya melakukan diet ekstrem. Jika kamu sedang menjalani diet ekstrem, kamu perlu mengetahui tanda-tanda anoreksia agar bisa mencegahnya.

Anoreksia merupakan salah satu penyakit gangguan mental. Penderita anoreksia biasanya menolak untuk menjaga berat badan ideal dan takut menjadi gemuk. Faktanya penderita anoreksia sudah memiliki berat badan di bawah ideal atau sangat kurus.

Anrokesia merupakan salah satu gangguan makan yang berhubungan dengan mental atau kejiwaan seseorang. Anoreksia harus segera diatasi karena jika dibiarkan terus menurus, penderita gak hanya tampak sangat kurus bahkan bisa menyebabkan kematian.

Umumnya, penderita anoreksia kebanyakan wanita. Hal ini disebabkan banyaknya wanita yang mendambakan tubuh ideal yang kurus sehingga melakukan diet ekstrem. Biasanya penderita anoreksia, mengurangi asupan makanan yang berlebihan sehingga membuatnya stres.

Adapun faktor yang menyebabkan anoreksia yaitu faktor genetik, di mana penderita memiliki riwayat keluarga yang terserang anoreksia juga. Selain itu, faktor eksternal pun berpengaruh seperti kurangnya rasa percaya diri, pengalaman hidup yang buruk, stres, dan pengaruh media sosial.

Dilansir dari WomensHealth (17/03/2021), berikut tanda-tanda anoreksia yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Mengenal Diet Water Fasting, Diet Penuh Risiko yang Sebaiknya Dihindari