Menu

Di Momen Hari Sumpah Pemuda, Tokopedia Hadirkan Sosok Generasi Muda yang Sukses Buka Usaha dan Jadi Konten Kreator

29 Oktober 2024 21:00 WIB
Di Momen Hari Sumpah Pemuda, Tokopedia Hadirkan Sosok Generasi Muda yang Sukses Buka Usaha dan Jadi Konten Kreator

Konferensi Pers Daring Hari Sumpah Pemuda 2024: Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong Kemajuan Pelaku Usaha Muda (istimewa)

HerStory, Jakarta —

Hari Sumpah Pemuda yang selalu diperingati setiap tanggal 28 Oktober dimanfaatkan oleh Tokopedia dan Shop Tokopedia untuk mendukung para pegiat usaha dan kreator yang masih muda untuk terus maju agar bisa berkontribusi terhadap perekonomian di Indonesia.

"Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 bertemakan 'Maju Bersama Indonesia Raya'. Tema ini mengusung pesan kuat tentang kolaborasi dan menjunjung tinggi semangat gotong royong untuk mengakselerasi pembangunan negara. Hal tersebut sejalan dengan upaya kolaborasi Tokopedia dan Shop Tokopedia bersama mitra strategis untuk membantu pelaku usaha muda mendapatkan panggung lebih luas sehingga produk mereka makin diminati masyarakat. Misalnya, dengan mengedepankan kampanye seperti Beli Lokal dan Melokala Dengan Batik. Kami juga mencetak lebih banyak kreator muda profesional lewat Creators Lab untuk membantu UMKM mempromosikan produk dengan cara yang lebih menarik dan relevan," tutur Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan.

Salah satu lini usaha yang didukung oleh Tokopedia adalah fashion. Tokopedia sendiri memiliki kampanye Beli Lokal dan Melokal Dengan Batik untuk mendorong penjualan brand  lokal.

"Guna makin mendorong kontribusi merek fesyen lokal--khususnya UMKM--terhadap perekonomian digital, Tokopedia dan ShopTokopedia bersama mitra strategis melakukan berbagai upaya. Contohnya lewat kampanye Beli Lokal yang bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan etalase khusus bagi merek lokal--termasuk fesyen--agar makin menjadi pilihan masyarakat. Ada pula kampanye Melokal Dengan Batik yang bekerja sama dengan pemerintah, institusi pendidikan, kreator, dan lembaga keuangan, untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin dan UMKM batik di era teknologi," papar Aditia.

Oh iya Beauty, dari sekian banyak pemilik brand lokal, banyak diantaranya diinisiasi oleh para anak muda. Sebut aja Dama Kara yang berhasil mendapatkan 2 kali lipat penjualan berkat kampanye Beli Lokal. Sementara itu, Batik Paduka juga mendapatkan kenaikan hingga 70% karena ikut dalam kampanye Melokal Dengan Batik.

"Tokopedia dan ShopTokopedia sangat mengapresiasi anak muda pelaku usaha--seperti pemilik Dama Kara dan Batik Paduka--yang berani memulai dan membangun bisnis, serta memberdayakan komunitas, khususnya yang juga anak muda," tambah Aditia.

Selain mendukung para pelaku usaha muda, Tokopedia dan ShopTokopedia ternyata mencetak kreator muda lewat Creators Lab.

Kreator muda profesional diharapkan bisa membantu UMKM memperluas pasar dan memasarkan produk dengan cara yang lebih menarik dan relevan dengan menjadi affiliate creator Tokopedia dan ShopTokopedia.

Aditia menjelaskan, "Di era digital, affiliate creator bisa menjadi sebuah profesi berpenghasilan sekaligus menambah lapangan pekerjaan. Di tengah persaingan yang semakin ketat, pelaku bisnis termasuk UMKM, perlu melakukan berbagai cara promosi dan pemasaran, salah satunya melibatkan affiliate creator. Kolaborasi UMKM dan affiliate creator akan menguntungkan semua pihak. UMKM bisa meningkatkan penjualan sedangkan affiliate creator dapat memperoleh penghasilan. Oleh karena itu, kami menghadirkan inisiatif Creators Lab."

Baca Juga: Bukan hanya Arabika dan Robusta, Beauty Intip Yuk Industri Kopi Excelsa yang Mulai Mendunia

Baca Juga: Hiking Apparel Jadi Tren! Antarestar Buktikan Dukungan Tokopedia dan ShopTokopedia Terhadap Produk Lokal

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan