Konferensi Pers Daring Hari Sumpah Pemuda 2024: Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong Kemajuan Pelaku Usaha Muda (istimewa)
Hari Sumpah Pemuda yang selalu diperingati setiap tanggal 28 Oktober dimanfaatkan oleh Tokopedia dan Shop Tokopedia untuk mendukung para pegiat usaha dan kreator yang masih muda untuk terus maju agar bisa berkontribusi terhadap perekonomian di Indonesia.
"Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 bertemakan 'Maju Bersama Indonesia Raya'. Tema ini mengusung pesan kuat tentang kolaborasi dan menjunjung tinggi semangat gotong royong untuk mengakselerasi pembangunan negara. Hal tersebut sejalan dengan upaya kolaborasi Tokopedia dan Shop Tokopedia bersama mitra strategis untuk membantu pelaku usaha muda mendapatkan panggung lebih luas sehingga produk mereka makin diminati masyarakat. Misalnya, dengan mengedepankan kampanye seperti Beli Lokal dan Melokala Dengan Batik. Kami juga mencetak lebih banyak kreator muda profesional lewat Creators Lab untuk membantu UMKM mempromosikan produk dengan cara yang lebih menarik dan relevan," tutur Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan.
Salah satu lini usaha yang didukung oleh Tokopedia adalah fashion. Tokopedia sendiri memiliki kampanye Beli Lokal dan Melokal Dengan Batik untuk mendorong penjualan brand lokal.
"Guna makin mendorong kontribusi merek fesyen lokal--khususnya UMKM--terhadap perekonomian digital, Tokopedia dan ShopTokopedia bersama mitra strategis melakukan berbagai upaya. Contohnya lewat kampanye Beli Lokal yang bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan etalase khusus bagi merek lokal--termasuk fesyen--agar makin menjadi pilihan masyarakat. Ada pula kampanye Melokal Dengan Batik yang bekerja sama dengan pemerintah, institusi pendidikan, kreator, dan lembaga keuangan, untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin dan UMKM batik di era teknologi," papar Aditia.
Oh iya Beauty, dari sekian banyak pemilik brand lokal, banyak diantaranya diinisiasi oleh para anak muda. Sebut aja Dama Kara yang berhasil mendapatkan 2 kali lipat penjualan berkat kampanye Beli Lokal. Sementara itu, Batik Paduka juga mendapatkan kenaikan hingga 70% karena ikut dalam kampanye Melokal Dengan Batik.
"Tokopedia dan ShopTokopedia sangat mengapresiasi anak muda pelaku usaha--seperti pemilik Dama Kara dan Batik Paduka--yang berani memulai dan membangun bisnis, serta memberdayakan komunitas, khususnya yang juga anak muda," tambah Aditia.
Selain mendukung para pelaku usaha muda, Tokopedia dan ShopTokopedia ternyata mencetak kreator muda lewat Creators Lab.
Kreator muda profesional diharapkan bisa membantu UMKM memperluas pasar dan memasarkan produk dengan cara yang lebih menarik dan relevan dengan menjadi affiliate creator Tokopedia dan ShopTokopedia.
Aditia menjelaskan, "Di era digital, affiliate creator bisa menjadi sebuah profesi berpenghasilan sekaligus menambah lapangan pekerjaan. Di tengah persaingan yang semakin ketat, pelaku bisnis termasuk UMKM, perlu melakukan berbagai cara promosi dan pemasaran, salah satunya melibatkan affiliate creator. Kolaborasi UMKM dan affiliate creator akan menguntungkan semua pihak. UMKM bisa meningkatkan penjualan sedangkan affiliate creator dapat memperoleh penghasilan. Oleh karena itu, kami menghadirkan inisiatif Creators Lab."
Creators Lab memberikan pemahaman utuh mengenai prinsip afiliasi dan strategi pemasaran di platform digital kepada generasi muda untuk membantu pemasaran produk UMKM lewat kreativitas konten. Creators Lab terdiri dari sejumlah modul, yaitu: (1) Afiliasi dan Personal Branding, (2) Perancangan Skrip Video, (3) Strategi Konten dan Persiapan Live Streaming, (4) Evaluasi Performa Konten. Creators Lab diluncurkan Juli 2024 di Surabaya, Jawa Timur, bersama Surabaya Next Leader. Pada bulan September 2024, Creators Lab dilakukan di Tegal, Jawa Tengah, bersama BNI. "Hingga kini, kami telah memberikan pelatihan kepada ratusan generasi muda untuk menjadi affiliate creator yang andal. Sejalan dengan semangat gotong royong Sumpah Pemuda, Tokopedia dan ShopTokopedia, bersama para mitra strategis, akan terus berupaya menghadirkan Creators Lab di berbagai wilayah lain di Indonesia," tambah Aditia.
"Tokopedia dan ShopTokopedia pun sangat mengapresiasi affiliate creator muda yang konsisten memberdayakan masyarakat lewat konten edukatif, sekaligus membantu pelaku usaha memperluas pasar dan memasarkan produk," kata Aditia. Salah satunya, Ravenna Ravika (Vika). Vika merupakan PCOS survivor, sekaligus ibu satu anak, yang fokus mengedukasi komunitas mengenai kesehatan reproduksi lewat konten di media sosial. Vika juga mempromosikan produk dari para pelaku usaha untuk menjaga kesehatan reproduksi. Berkat menjadi affiliate creator Tokopedia dan ShopTokopedia, Vika mengaku memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga dan bisa mendapatkan penghasilan yang bahkan melebihi saat bekerja sebagai karyawan.
Berkat affiliate creator muda, salah satunya Vika, transaksi produk kesehatan di Tokopedia dan ShopTokopedia mengalami pertumbuhan yang positif. Pada kuartal III 2024, beberapa produk kesehatan paling laris di Tokopedia, yaitu: obat-obatan, perlengkapan medis, serta vitamin dan suplemen. Sedangkan di ShopTokopedia, antara lain: vitamin dan suplemen, masker dan perlengkapan medis.
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.