Asam urat jadi salah satu kondisi yang dialami banyak orang. Sering disepelekan padahal asam urat bisa menyebabkan rasa nyeri di area persendian tubuh.

Bagian tubuh yang paling sering mengalami nyeri saat mengalami asam urat adalah jari tangan atau kaki dan lutut. Salah satu cara yang efektif untuk menghindari asam urat adalah menjaga asupan makanan. Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari agar tak mengalami asam urat:

  • Hindari makanan dan minuman yang tinggi purin, seperti jeroan
  • Minuman keras bir dan biji-bijian (seperti vodka dan wiski)
  • Daging merah, domba, dan babi
  • Daging organ, seperti hati, ginjal, dan daging kelenjar seperti timus atau pankreas (Anda mungkin mendengarnya disebut roti manis)
  • Seafood terutama kerang seperti udang, lobster, remis, teri, dan sarden
  • Produk fruktosa tinggi seperti soda dan beberapa jus, sereal, es krim, permen, dan makanan cepat saji
  • Jauhi minuman manis seperti soda dan jus buah.

Baca Juga: Dear Bumil, Ini Sederet Makanan yang Bisa Redakan Morning Sickness

Meskipun diet sehat dapat membantu mengontrol berapa banyak asam urat dalam tubuh, kamu mungkin masih memerlukan obat untuk mencegah serangan dikemudian hari. Namun, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat asam urat.