Hampir setiap wanita mendambakan ukuran payudara yang besar bahkan sampai ada yang melakukan filler untuk memperbesar payudada. Hal ini berbahaya lho jika dilakulan di sembarang tempat.

Filler payudara adalah penyuntikan bahan tertentu ke payudara, biasanya silikon cair atau PAAG dengan tujuan memperbesar ukuran payudara. Jika gak dilakukan dengan prosedur yang tepat dapat memicu efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Secara keilmuan, penggunaan silikon cair maupun PAAG untuk membesaekan payudara gak aman karena memiliki efek samping yang berbahaya. Namun di Indonesia, banyak salon ataupun pelaku usaha yang gak memiliki latar belakang medis yang mememadai, membuka praktik filler payudara.

Foods and Drugs Administrasion (FDA), badan keamanan makanan dan obat dari Amerika Serikat bahkan sudah melarang penggunaan silikon cair oleh dokter maupun tenaga kesehatan profesional lainnya dalam membesarkan bagian tubuh seperti bokong serta payudara.

Di Indonesia sendiri, penggunaan PAAG sebagai filler payudara sempat disetuji pada akhor tahun 80-an hingga 90-an. Tetapi hal ini sudah gak diinzinkan lagi lantaran banyaknya laporan mengenai efek samping yang ditimbulkan.

Dilansir dari berbagai sumber (18/03/2021), berikut bahaya yang ditimbulkan dari filler payudara.

Baca Juga: Beauty Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Benjolan Payudara yang Bukan Kanker