Ilustrasi belanja online (Sumber: Freepik)
Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024 sudah mulai berlangsung dan diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Riset Compas Market Insights memprediksi pertumbuhan nilai penjualan sebesar 25,2% pada Harbolnas 2024. Selain itu, Kementerian Perdagangan juga menargetkan peningkatan transaksi hingga Rp29,812 triliun, naik 16i tahun lalu. Peningkatan ini mencerminkan optimisme dan antusiasme masyarakat dalam festival puncak belanja akhir tahun kali ini.
Lazada Indonesia (Lazada) sebagai salah satu pelopor Harbolnas di Indonesia turut memeriahkan pesta belanja akhir tahun kali ini melalui kampanye bertajuk Lazada 12.12 Promo Habis-Habisan dengan serangkaian penawaran terbaik yang bisa dinikmati pelanggan sejak 9 Desember lalu hingga 16 Desember 2024 mendatang. Kemeriahan ini tentunya perlu diantisipasi pelanggan, mengingat berbagai promo dan antusiasme yang tinggi dapat menjadi tantangan tersendiri untuk melakukan keputusan pembelian yang tepat.
Simak beberapa tips praktis berikut yang bisa bantu maksimalkan keuntungan belanja pada momentum Harbolnas 2024!
Untuk memaksimalkan keuntungan pada musim belanja online, penting untuk membuat perencanaan yang tepat. Buat daftar produk yang kamu incar dan prioritaskan belanja sesuai dengan anggaran yang telah disiapkan. Misalnya, kamu ingin membeli baju, peralatan elektronik, dan alat rumah tangga tertentu, maka sebelum Harbolnas dimulai, kamu bisa menuliskan dulu semua barang yang ingin dibeli, lengkap dengan harganya, agar kamu bisa memperkirakan berapa estimasi pengeluarannya dan kamu bisa terhindar dari pola pembelian yang impulsif.
Di aplikasi Lazada, pengguna juga bisa meminta bantuan AI Lazzie untuk mencari inspirasi dan rekomendasi produk dengan anggaran tertentu melalui fitur Pesan+ dan menghemat waktumu dalam berbelanja online!
Laporan Kantar dan Lazada yang berjudul “Adopsi Artificial Intelligence (AI) dalam eCommerce di Asia Tenggara” pada Oktober 2024 lalu mengungkapkan bahwa ulasan produk adalah fitur terpenting di platform eCommerce bagi 62% pembeli online di Indonesia. Dengan ulasan produk, pembeli dapat membuat keputusan pembelian yang lebih terinformasi.
Akan tetapi, melimpahnya informasi justru sering kali membuat pembeli kesulitan mengambil keputusan atau malah takut memilih barang yang salah. Untuk itu, Lazada melalui AI Lazzie memiliki fitur AI Summary yang dapat merangkum semua ulasan pembeli. Di halaman toko, terdapat juga rangkuman dari performa toko di bagian ‘Impresi Toko’. Hal ini tentu bisa membantu kamu ketika browsing produk terbaik dan membeli dari toko terpercaya di platform Lazada.
Masih dalam laporan Kantar, sebanyak 49% pembeli online di Indonesia mengaku takut ketinggalan informasi terkait voucher dan diskon. Ketinggalan informasi akan membuat kamu kehilangan kesempatan untuk mendapatkan penawaran terbaik. Maka itu, penting untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru terkait promo yang kamu incar.
Nyalakan notifikasi aplikasi eCommerce dan akun media sosial resmi seperti aplikasi Lazada, akun Instagram @lazada_id, dan TikTok @lazadaid agar kamu tidak ketinggalan informasi terbaru dan kesempatan menguntungkan lainnya. Temukan berbagai penawaran menarik yang diumumkan di media sosial.
Kalau kamu suka riset lebih untuk dapetin harga terbaik, kamu nggak sendiri! Laporan yang sama dari Kantar juga mengungkapkan bahwa 36% pembeli online di Indonesia sangat memperhatikan harga. Untuk mendapatkan penawaran terbaik, memang penting untuk selalu membandingkan harga, mencari flash sale, dan menunggu promo.
Dalam festival belanja online Lazada 12.12, kanal LazMall juga menawarkan pilihan brand box berisi bundling produk favorit dengan harga spesial dan hadiah eksklusif dari berbagai brandkesayangan.
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.