Menu

Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong Pendapatan UMKM Naik 95% di Tahun 2024

13 Desember 2024 15:15 WIB
Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong Pendapatan UMKM Naik 95% di Tahun 2024

Sinergo Tokopedia dan ShopTokopedia dalam mendukung UMKM (Herstory/Ida Umy Rasyidah)

HerStory, Jakarta —

Beauty, siapa di sini yang suka belanja online di e-commerce Tokopedia atau ShopTokopedia? Nah ternyata kontribusi kamu dalam berbelanja di Tokopedia membantu para UMKM memiliki pendapatan, lho.

Bahkan nih Beauty, menurut data Tempo Data Science menyebutkan jika sinergi Tokopedia dan TikTok melalui ShopTokopedia meningkatkan pendapatan pelaku UMKM hingga 95%. Nah, dari pencapaian itu kamu berkontribusi, lho.

Apalagi di Tokopedia ada kampanye Beli Lokal yang mewadahi seluruh UMKM di Indonesia untuk menjual produknya dengan memanfaatkan fitur-fitur canggih yang ada di Tokopedia.

"Pada 12 Desember 2023 lalu, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Tokopedia memasuki babak baru dengan berkolaborasi bersama TikTok menghadirkan ShopTokopedia dan meluncurkan kampanye 'Beli Lokal'. Dengan dukungan dari Kementerian Perdagangan RI, kampanye 'Beli Lokal' terus menjadi panggung khusus untuk menampilkan karya terbaik dari para brand lokal di Indonesia, termasuk Dear Me Beauty, No Void Minds dan Minimal. Para pelaku usaha tersebut merupakan bagian dari puluhan juta penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia, yang 100%-nya berada di Indonesia dan mayoritasnya adalah UMKM," tutur Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto.

Selaras dengan hal itu, menurut Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Dr. Budi Santoso, M.Si., saat ini e-commerce dengan masyarakat sudah menjadi sesuatu yang tak terpisahkan. Menteri Busan pun memproyeksikan jika transaksi e-commerce akan semakin naik.

"Pada tahun 2023, transaksi e-commerce mencapai Rp453 triliun, dan pada tahun 2024 diproyeksikan naik menjadi Rp487 triliun. Sedangkan pengguna platform e-commerce juga terus naik, pada tahun 2024 jumlah pengguna e-commerce mencapai 65,65 juta, angka ini naik 11% persen dari tahun lalu. Hal ini membuktikan bahwa e-commerce sudah menjadi bagian yang lekat dengan kehidupan masyarakat, "tutur Menteri Busan dikutip Herstory, Kamis (13/12/2024).

Selain itu, Menteri Busan pun mengapresiasi Tokopedia selalu menghadirkan kampanye yang mendukung UMKM. Hal itu sejalan dengan tiga program Kementerian Perdagangan terkait memajukan UMKM.

"Kementerian Perdagangan RI memiliki tiga program, yakni pengamanan pasar dalam negeri, perluasan pasar ekspor, dan peningkatan UMKM BISA (Berani Inovasi Siap Adaptasi) Ekspor. Untuk mendukung produk lokal semakin maju, diperlukan kerja sama yang erat antara berbagai pihak, mulai dari pemerintah, pelaku usaha hingga masyarakat. Kampanye 'Beli Lokal' dari Tokopedia dan ShopTokopedia adalah salah satu contoh konkret bagaimana kolaborasi dapat mendukung pelaku usaha lokal berkembang dan meningkatkan daya saing. Mari bersama-sama membantu produk lokal semakin maju dengan #PakaiProdukSendiri," tambah Menteri Busan.

Selain melalui 'Beli Lokal', Tokopedia dan ShopTokopedia rutin mengadakan "Promo Guncang" yang berlangsung di setiap tanggal kembar untuk mempermudah masyarakat menjangkau produk kebutuhan, mulai dari fesyen, kecantikan dan perawatan tubuh, elektronik, perlengkapan rumah tangga dan masih banyak lagi, dengan lebih murah lewat beragam penawaran, seperti bebas ongkir, cashback, dan diskon.

Menurut riset Tempo Data Science pada 2024, kampanye "Promo Guncang" berhasil meningkatkan pendapatan UMKM mencapai 115%.** Selain itu, kampanye "Beli Lokal" juga mampu mendorong penjualan produk UMKM naik hingga 70%.

Baca Juga: Tokopedia dan ShopTokopedia Spill Rekap Kolaborasi di Tahun 2024, Berapa Sih Transaksi di Harbolnas Kemarin?

Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Tetap Bisa Raup Cuan Banyak! Intip Yuk Kisah Friska Marpaung Banting Setir dari Pekerja Perbankan Jadi Kreator Affiliate

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan