Menu

Bukan Cuma Manjakan Pembeli, Ini Deretan Program E-Commerce yang Berdayakan UMKM hingga Bisa Ekspor ke Berbagai Negara

13 Januari 2025 06:00 WIB
Bukan Cuma Manjakan Pembeli, Ini Deretan Program E-Commerce yang Berdayakan UMKM hingga Bisa Ekspor ke Berbagai Negara

Ilustrasi belanja online (Seb_ra/Edited By HerStory))

HerStory, Jakarta —

Beauty, sebagai perempuan yang suka belanja secara online, pasti kamu tahu kan platform e-commerce sangat membantu? Usut punya usut, e-commerce bukan hanya membantu para pembeli seperti kamu, tapi juga bagi para penjual, seperti para UMKM di Indonesia hingga akhirnya penjual lokal pun makin bertumbuh.

Salah satu e-commerce yang banyak digandrungi para perempuan untuk belanja, yaitu Shopee. Fyi nih Beauty, platform e-commerce ini terus berinovasi untuk menghadirkan pengalaman belanja yang nyaman bagi Pembeli dan membuka peluang baru bagi para Kreator. Sejalan dengan perekonomian Indonesia yang tumbuh sebesar 4,95% (yoy) atau 5,03% (ctc) di Triwulan III-2024, Shopee juga mencatat kenaikan penjualan Kreator dan UMKM baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini ditunjang dengan inovasi peningkatan kualitas layanan yang dihadirkan seperti program Garansi Tepat Waktu, program afiliasi bersama YouTube Shopping, kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal untuk mempermudah proses sertifikasi halal bagi UMKM, hingga peluang ekspor ke kawasan Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto menyampaikan, “Inovasi menjadi kunci agar terus dapat relevan, menjaga kepercayaan, dan bisa terus bertumbuh. Dari pemahaman ini, kami sebagai platform e-commerce juga berusaha melahirkan berbagai inovasi baru; mulai dari program, fitur, dan inisiatif yang mendukung seluruh ekosistem kami untuk juga bisa berinovasi dan menciptakan banyak dampak positif bersama. Tahun 2024 kami senang bisa melihat Penjual, Pembeli, dan Kreator bisa bertumbuh; tidak hanya di dalam tapi juga di luar negeri.”

Cusss langsung simak aja beberapa program Shopee yang memberdayakan para UMKM ini.

1. Penjual Lokal Tumbuh dan Berkembang melalui Akses Pasar

Program Ekspor Shopee dan kanal Shopee Pilih Lokal menjadi wadah yang mendorong inovasi. Tahun ini, jumlah produk lokal yang telah diekspor ke berbagai negara di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin tahun ini mengalami peningkatan hampir 50 persen dibandingkan tahun 2023, dengan kategori produk ekspor yang paling diminati adalah Fesyen Muslim, Fesyen Wanita, serta Fesyen Bayi & Anak.

Di sisi lain, ragam promosi yang dihadirkan untuk membantu menumbuhkan kecintaan terhadap produk lokal juga melihat hasil yang positif. Penjualan produk lokal di kanal Shopee Pilih Lokal tahun ini melonjak lebih dari 200 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Di sisi lain, kemudahan teknologi melalui kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal juga membantu 1.000 usaha lokal berhasil memperoleh sertifikasi halal pada tahun 2024, memperkuat kepercayaan dan tingkat kepuasan konsumen berbelanja di para Penjual dan Merchant ini.

“Program-program ini mendorong pemerataan pertumbuhan usaha lokal secara berkelanjutan. Di tahun 2024, UMKM dari Aceh Besar, Sinjai, Pohuwato, Pakpak Bharat, dan Pekalongan mencatatkan peningkatan penjualan tertinggi dalam melayani Pembeli dari berbagai penjuru negeri,” tambah Christin.

2. Pengalaman Belanja Inovatif bagi Pembeli

Inovasi Shopee hadir untuk meningkatkan pengalaman belanja yang lebih baik. Salah satunya melalui program Garansi Tepat Waktu yang didukung oleh mitra jasa kirim seperti Anteraja, JNE, Pos Indonesia, dan SiCepat. Melalui program ini Pembeli dapat menikmati layanan pengiriman yang lebih baik, termasuk voucher pengganti jika pesanan tiba melebihi waktu yang dijamin. Inisiatif ini meningkatkan kepercayaan pembeli sebelum mereka melakukan transaksi.

"Kami juga memahami bahwa Pembeli selalu membaca review produk sebelum melakukan pembelian. Kami berpikir apakah ada cara baru untuk membantu Pembeli bisa mendapatkan review produk yang lebih efisien? Tahun ini kami hadirkan fitur Rangkuman Penilaian berbasis Artificial Intelligence yang mempermudah Pembeli dalam membaca seluruh penilaian yang sudah diberikan pada produk tersebut. Fitur baru ini mendapatkan respon baik dari Penjual maupun Pembeli,” papar Christin.

Kampanye tematik juga terus menjadi andalan bagi Penjual dalam melayani pembeli. Kampanye 12.12 Birthday Sale yang baru saja usai berhasil membantu meningkatkan penjualan produk lokal dan UMKM hingga 7 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan hari biasa.

Baca Juga: Kisah Ijfina Amalia, Ibu Rumah Tangga yang Sukses Raup Cuan Jadi Affiliate Belanja Online, Intip Tipsnya Yuk!

Baca Juga: Fitur GenAI Terbaru ‘AI Lazzie’ untuk Revolusi Belanja Online Siap Digunakan di Promo Lazada 11.11

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan