Menu

USS Boyong Banyak Penghargaan dari BPKH, Direktur Kepatuhan Umi Rodyah Ungkap Bank Jatim Selalu Support Generasi Muda Naik Haji

20 Februari 2025 13:15 WIB
USS Boyong Banyak Penghargaan dari BPKH, Direktur Kepatuhan Umi Rodyah Ungkap Bank Jatim Selalu Support Generasi Muda Naik Haji

Direktur Kepatuhan Umi Rodyah di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (istimewa)

HerStory, Jakarta —

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bank jatim) kembali menorehkan prestasi gemilang. Melalui Unit Usaha Syariah (UUS), Bank Jatim berhasil meraih tiga penghargaan bergengsi dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) pada ajang Annual Meeting dan Awarding Mitra Penghimpunan BPKH Tahun 2024. Penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen bank jatim dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, khususnya bagi calon jamaah haji dan umroh.

Tiga penghargaan yang berhasil diraih oleh UUS bank jatim adalah sebagai BPS/BPIH Pendaftar Haji Muda Terbaik Nomor 1 (kategori BPD-UUS), BPS/BPIH Pendaftar Haji Terbaik Nomor 2 (kategori BPD-UUS), serta Rewarding Umroh Pencapaian Terbaik Semester Dua (kategori BPD). Penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Kepatuhan bank jatim, Umi Rodyah, di Hotel Sheraton Grand Jakarta, pada acara yang juga dihadiri oleh Menteri Agama, Nasaruddin Ummar.

Komitmen Bank Jatim dalam Layanan Haji dan Syariah

Dalam kesempatan tersebut, Umi Rodyah menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan oleh BPKH. Menurutnya, prestasi ini bukan hanya sebagai pengakuan terhadap kinerja Bank Jatim, tetapi juga sebagai bukti nyata dari keseriusan bank jatim dalam menyediakan layanan pendaftaran haji melalui UUS di seluruh jaringan kantor dan layanan syariah mereka.

Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas penghargaan dan juga kepercayaan BPKH kepada bankjatim, khususnya kepada UUS dalam menjadi mitra perbankan untuk penerimaan setoran haji. Penghargaan ini sekaligus juga menjadi dorongan semangat kami untuk senantiasa melakukan inovasi jasa layanan perbankan syariah terbaik kepada masyarakat,” ujar Umi dikutip dari laman resmi Kominfo Provinsi Jatim.

Bank jatim, melalui UUS-nya, kini telah menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan syariah untuk memenuhi kebutuhan transaksi nasabah, salah satunya adalah Tabungan Haji iB Amanah, yang dirancang khusus untuk calon jamaah haji. Produk ini memudahkan masyarakat untuk mempersiapkan diri menuju tanah suci dengan sistem setoran yang fleksibel, baik secara bulanan atau setoran bebas.

Fokus pada Generasi Muda: Haji Muda untuk Milenial

Tidak hanya berfokus pada layanan untuk jamaah haji secara umum, Bank Jatim juga tengah agresif mendukung gerakan haji muda bagi generasi milenial. Umi Rodyah mengungkapkan bahwa bank jatim selalu siap untuk membantu anak-anak muda memiliki perencanaan keuangan yang matang untuk menunaikan ibadah haji.

”Siapa pun boleh bermimpi apa saja, termasuk bermimpi naik haji di usia muda. Jadi jangan takut karena Bank Jatim akan selalu support,” tegas Umi.

Produk Tabungan Haji iB Amanah menjadi pilihan yang sangat tepat untuk generasi milenial. Selain memiliki sistem setoran yang fleksibel, produk ini juga memungkinkan nasabah untuk mendapatkan nomor porsi haji dengan lebih mudah, berkat koneksi online dengan Siskohat (Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu). Dengan akad Mudharabah Mutlaqah, tabungan ini memberikan keuntungan berupa kemudahan dan kepastian dalam mendapatkan porsi haji.

Sinergi Antara BPKH dan Bank Jatim

Sementara itu, Kepala BPKH, Fadlul Imansyah, dalam sambutannya menekankan pentingnya inovasi dalam layanan keuangan syariah untuk mempermudah proses pendaftaran haji. Fadlul menyebutkan bahwa meskipun jumlah umat Muslim Indonesia yang memenuhi syarat untuk berhaji sangat besar, terdapat 17 juta orang dari 210 juta umat Islam di Indonesi, hanya sebagian kecil yang terdaftar sebagai calon jamaah haji. Bahkan, antrean haji yang mencapai 5,4 juta orang menyebabkan waktu tunggu hingga 25-30 tahun.

Ia juga berharap bahwa kerjasama yang terjalin antara BPKH dan bank jatim akan semakin meningkatkan kualitas layanan bagi calon jamaah haji dan umroh, dengan memanfaatkan teknologi untuk mempercepat dan mempermudah proses pendaftaran.

”Inilah yang perlu kita carikan solusinya, untuk membantu umat muslim Indonesia melaksanakan rukun Islam kelima melalui produk dan layanan perbankan Syariah. BPKH akan terus berkomitmen untuk menghadirkan inovasi layanan keuangan melalui seamless process setoran awal haji agar lebih mudah, lebih cepat, lebih transparan, dan aman," ujar Umi menambahkan.

Harapan Bank Jatim

Ke depan, Umi Rodyah berharap agar kolaborasi antara BPKH dan UUS bank jatim dapat terus berlanjut dan berkembang, guna memberikan pelayanan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat, khususnya mereka yang ingin menunaikan ibadah haji. Dengan adanya berbagai layanan perbankan syariah yang mudah diakses dan dapat diandalkan, diharapkan lebih banyak lagi masyarakat Jawa Timur, khususnya generasi muda, yang dapat mewujudkan impian mereka untuk berhaji.

Dengan berbagai inovasi dan penghargaan yang telah diterima, Bank Jatim semakin menunjukkan komitmennya dalam mendukung pelayanan ibadah haji yang lebih efisien, mudah, dan transparan. Bank Jatim, bersama dengan BPKH, akan terus berusaha untuk memberikan kemudahan bagi umat Islam Indonesia agar dapat menunaikan ibadah haji dengan lebih cepat dan lancar.

Baca Juga: Pernah Jadi Pemulung Hingga Buat Sushi Viral, Ini Cerita Anna Madani

Baca Juga: Menjadi Kolektor Hermes Terbanyak di Dunia, Siapa Sosok Jamie Chua?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan