Pameran Sejauh Mata Memandang (istimewa)
Sejauh Mata Memandang (SMM), jenama tekstil yang sudah dikenal dengan keunikannya, kembali menggelar pameran mode yang istimewa di Plaza Indonesia. Bekerja sama dengan perupa seni kontemporer Eko Nugroho, pameran ini menawarkan pengalaman yang intim dan eksploratif, mengajak pengunjung untuk memahami lebih dalam cerita di balik setiap karya yang ditampilkan. Pameran ini akan berlangsung dari 20 Februari hingga 30 April 2025 di The Space, Plaza Indonesia, Level 2.
Pameran ini adalah kelanjutan dari kolaborasi sukses antara Sejauh Mata Memandang dan Eko Nugroho di Jakarta Fashion Week 2025, yang bertajuk "Republik Sebelah Mata". Melalui pameran ini, para pengunjung dapat melihat lebih dekat 25 desain busana yang sempat tampil di DEWI Fashion Knights 2024. Bukan sekadar pameran mode, tetapi juga sarana untuk memperkaya pengalaman seni dan memahami proses kreatif di balik koleksi tersebut.
“Setelah peragaan busana di DFK 2024, saya, Mas Eko dan Felix berbincang tentang bagaimana koleksi ini bisa lebih luas dinikmati oleh masyarakat banyak. Kami ingin menghadirkan ruang bagi semua orang untuk tidak hanya melihat desainnya, tetapi juga memahami cerita di balik setiap karya, proses kreatifnya, serta para artisan dan mitra yang berkontribusi di dalamnya,” ujar Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang.
Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang, menyatakan bahwa tujuan mereka adalah untuk membawa koleksi ini lebih dekat kepada masyarakat, tidak hanya dari sisi estetika, tetapi juga untuk mengungkapkan cerita yang mendalam dari setiap karya, para artisan, dan mitra yang terlibat dalam proses pembuatannya.
Bersama dengan Eko Nugroho, seorang perupa yang dikenal dengan karya-karyanya yang menggugah pemikiran, Sejauh Mata Memandang ingin menunjukkan bahwa seni tidak hanya berada di galeri atau kanvas. Menurut Eko, mode adalah salah satu bentuk seni yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Melalui kolaborasi ini, Eko berharap dapat mengajak masyarakat melihat seni dalam berbagai dimensi, termasuk di tubuh kita.
"Melalui kolaborasi ini, saya ingin mengajak lebih banyak orang untuk melihat seni dalam berbagai bentuk. Mode adalah media yang dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, dan saya ingin menunjukkan bahwa seni bisa hidup di tubuh kita," kata Eko.
Setibanya di pameran, pengunjung akan langsung disambut oleh instalasi ikonik yang menampilkan karpet bermotif spesial hasil kolaborasi Sejauh Mata Memandang dan Eko Nugroho. Karpet ini dibuat dengan menggunakan bahan organik dari cangkang inti sawit yang diproses dengan teknologi ramah lingkungan, sebagai pengganti bahan bakar fosil. Inovasi material ini turut memperkenalkan konsep keberlanjutan dalam dunia mode dan desain interior.
Setelah itu, pengunjung akan memasuki pop-up store yang menampilkan berbagai produk Sejauh Mata Memandang dan koleksi DGTMB oleh Eko Nugroho yang dapat dibeli selama pameran. Di sini, pengunjung dapat menemukan produk eksklusif seperti kain, selendang, dan scarf batik tulis yang menghiasi dinding pameran.
Instalasi utama pameran akan mengajak pengunjung untuk berkeliling dan melihat lebih dekat berbagai busana dari koleksi Sejauh Mata Memandang x Eko Nugroho yang dipamerkan di atas manekin. Latar belakang karya-karya lukisan Eko Nugroho yang dikurasi oleh ROH Gallery semakin memperkaya pengalaman visual para pengunjung. Tidak hanya itu, pengalaman audiovisual yang disponsori oleh Samsung turut menambah dimensi dalam menikmati pameran ini.
Salah satu ruangan yang menarik adalah "Ruang Malam", sebuah ruang yang merepresentasikan sisi gelap kehidupan. Di ruang ini, pengunjung akan menemukan tiga busana serba hitam yang dirancang sebagai respons terhadap ketidakadilan. Koleksi ini menyiratkan narasi tentang kesedihan, kekecewaan, dan perlawanan terhadap situasi yang ada.
Plaza Indonesia, sebagai tuan rumah, memberikan dukungannya yang penuh terhadap inisiatif ini. Zamri Mamat, Deputy Chief Marketing Officer Plaza Indonesia, berharap pameran ini dapat menginspirasi pengunjung dan memperkaya pengalaman seni serta mode. Bagi Plaza Indonesia, pameran ini tidak hanya mencerminkan kemewahan, tetapi juga menunjukkan bahwa mereka merupakan rumah bagi jenama lokal berkualitas seperti Sejauh Mata Memandang.
“Kami mengapresiasi SMM dan Eko Nugroho atas inisiasi positif ini dalam menghadirkan pameran mode kolaborasi ini lebih dekat kepada pengunjung Plaza Indonesia. Kami berharap pameran ini dapat menjadi inspirasi bagi para pengunjung serta memperkaya pengalaman seni serta mode. Plaza Indonesia tidak hanya luxury namun juga rumah bagi jenama-jenama lokal berkualitas dan berdampak seperti SMM,” pungkas Zamri.
Tak hanya itu, TACO dan Fio Carpet juga turut berperan sebagai mitra penting dalam pameran ini. TACO, yang telah bekerja sama dengan Sejauh Mata Memandang sejak 2019, mengapresiasi upaya untuk membawa material berkualitas yang mendukung nilai keberlanjutan dalam setiap pameran SMM. Kehadiran Fio Carpet dengan material ramah lingkungan menjadi bukti penting bagaimana industri mode dan desain interior bisa berinovasi dengan prinsip keberlanjutan.
“Sebagai mitra yang telah bekerjasama dengan SMM sejak 2019, TACO sangat antusias untuk terus berkontribusi dalam menghadirkan material berkualitas yang selaras
dengan nilai keberlanjutan di setiap pameran SMM. Kehadiran Fio Carpet dalam pameran ini juga menjadi langkah penting dalam memperkenalkan inovasi material ramah lingkungan dalam industri mode dan desain interior,” jelas Anastasia Tirtabudi, Vice President Brand Marketing & Corp. Communication, TACO.
Selain itu, pameran ini juga mendapat dukungan dari City Vision, Samsung, CVP, dan Urban Quarter, yang membantu menciptakan pengalaman pameran yang lebih dinamis dan menarik bagi pengunjung.
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.