Melansir dari berbagai sumber, (22/03/2021) para peneliti kesehatan menemukan bukti bahwa ekstrak teh hijau bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif otak, khususnya untuk meningkatkan kualitas memori.

Penelitian yang dilakukan di University Hospital of Basel ini melakukan penelitian dengan cara meminta para sukarelawan untuk rajin mengonsumsi teh hijau selama beberapa hari. Kemudian kerja otak mereka pun diteliti dan dianalisis oleh para peneliti.

Hasilnya, melalui tes MRI atau Magnetic Resonance Imaging didapatkan fakta bahwa terjadi peningkatan konektivitas antara parietal dan korteks frontal otak.

"Ekstrak teh hijau yang berupa bahan kimia organik EGCG atau epigallocatechin-3 gallate mampu meningkatkan pertumbuhan sel neuron di dalam otak. Hasil dari pertumbuhan sel ini adalah peningkatan fungsi kognitif di dalam otak," jelas Prof Christoph Beglinger.

Selama ini teh hijau dikenal sebagai minuman yang kaya akan zat antioksidan sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah kanker.

Baca Juga: Mau Perut Rata? Yuk Rutin Minum Teh Hijau!

Ternyata, selain fungsi tersebut teh hijau juga mampu memberikan efek yang positif untuk kesehatan otak. Oleh karenanya, belum terlambat buat kamu untuk memulai kebiasaan sehat dengan rajin meminum teh hijau secara rutin.