Anak-anak mudah untuk mempelajari hal yang baru. Otak anak pun ikut berkembang seiring bertambahnya usia. Untuk itu, orang tua perlu mengajarkan hal-hal baik kepada anak sejak usia dini.

Salah satunya adalah belajar untuk berbagi. Meski terlihat sepele dan banyak dihiraukan oleh para orang tua, sebenarnya hal ini sangat penting dilakukan.

Mengajari anak-anak untuk berbagi, akan membantu kehidupannya di masa yang akan datang. Jika ingin mengajari anak untuk berbagi, dilansir dari moms (22/3/2021) berikut cara yang bisa dilakukan para orang tua:

1. Ajari Anak Betapa Asyiknya Berbagi

Sebagai awalan mengajari anak untuk berbagi, orang tua bisa bicarakan tentang betapa menyenangkannya berbagi mainan dengan teman-temannya. Beri tahu anak bahwa dengan berbagi mainan, semua orang akan mendapat kesempatan untuk bersenang-senang dan tak ada yang akan merasa tersisih ketika berbagi mainan dengan teman-temannya.

2. Selalu Berikan Afirmasi untuk Berbagai

Ketika anak berencana untuk bermain bersama temannya, orang tua bisa kembali mengingatkan berapa asyiknya berbagai mainan sebelum waktu bermain itu tiba. Orang tua harus selalu memberikan afirmasi positif tentang kebiasaan berbagi.

Contoh kalimat yang bisa digunakan para orang tua seperti, "[Nama anak] akan datang hari ini! Ibu yakin kamu pasti bersemangat! Tapi kamu tahu ketika bermain bersama teman, itu berarti kamu harus berbagi beberapa mainan ya". 

Dengan cara ini, sebelum waktu bermain anak tahu harus berbagi. Hal ini juga bisa menghindari kemarahan anak ketika mainannya dipinjam oleh temannya.

Baca Juga: Ramadan Tinggal Menghitung Hari, Ini Hal-hal yang Harus Moms Perhatikan saat Anak Pertama Kali Puasa