Saat memiliki anak terutama masih usia bayi, tentu para orang tua sangat suka mencium serta memeluknya. Namun, seiring bertambahnya usia anak-anak sudah tak lagi mau dipeluk oleh orang tuanya.

Percaya atau enggak, rupanya gak semua anak suka dipeluk. Tentu saja, ada banyak alasan mengapa anak enggan dipeluk oleh orang tuanya. Tetapi penting bagi orang tua untuk tak berkecil hati jika anak mereka tak suka dipeluk. Jangan tersinggung ya moms! berikut ini adalah sederet kemungkinan mengapa anak tak suka dipeluk:

Suasana Hati yang Tak Baik

Seperti orang dewasa, anak juga dapat mengalami hari yang buruk. Menurut Thriving Relationships, anak rentan mengalami hari-hari buruk seperti halnya orang dewasa.

Hal ini umum terjadi jika sang ibu tengah mengalami hari yang kurang menyenangkan. Anak-anak sangat pandai menangkap stres dan emosi yang dirasakan ibu. Jika ibu sedang mengalami hari yang buruk, maka anak mungkin juga mengalami hal yang sama.

Dengan begitu, mereka akan merasa kurang nyaman dipeluk. Untuk itu, orang tua juga perlu melihat kembali apa yang sedang terjadi dan coba untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan suasana hati.

Posisi Pelukan yang Salah

Percaya atau enggak, terkadang bayi menjadi rewel karena posisi orang tuanya saat memeluk tak ditempat yang benar. Mereka mungkin tak keberatan dengan pelukan, tetapi mungkin mereka enggak menyukai posisi atau lokasi tempat yang dipeluk.

Beberapa bayi suka digendong sambil berlutut, sementara bayi yang lain lebih suka duduk diam di pelukan orang tua mereka. Beberapa anak bahkan suka dipeluk di kamar tidur, tetapi begitu mereka meninggalkan kamar, inilah waktunya untuk bermain.

Baca Juga: Masih Banyak yang Belum Tahu Lho Moms, Ini Cara Membangun Hubungan yang Kuat dengan Anak