InJourney Hospitality (Istimewa)
PT Hotel Indonesia Natour (InJourney Hospitality), sebagai anak perusahaan dari Holding BUMN sektor aviasi dan pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, memastikan kesiapan unit hotel yang dikelolanya serta berkomitmen menghadirkan pelayanan terbaik guna menjamin kenyamanan dan keamanan wisatawan selama libur Lebaran Idul Fitri 2025.
Seperti yang diketahui, bagi masyarakat Indonesia Hari Raya Idul Fitri itu adalah momen yang sangat dinantikan dan penuh dengan tradisi salah satunya adalah mudik dan kumpul bersama dengan keluarga.
Diprediksi, tahun ini Libur Lebaran 2025 akan ada lonjakan yang signifikan untuk wisata domestik. Bahkan, berdasarkan data proyeksi, diperkirakan lebih dari 10,8 juta orang akan melakukan perjalanan udara melalui 37 bandara yang dikelola oleh InJourney Airports pada periode 21 Maret hingga 11 April 2025 lho Beauty!
Nah, untuk memastikan kelancaran arus mudik dan libur Lebaran ini, InJourney melakukan berbagai kesiapan mulai dari sisi kebandarudaraan, layanan penerbangan, dan juga destinasi wisata.
Di sisi kebandarudaraan, melalui InJourney Airports memastikan 37 bandara yang dikelola beroperasi 24 jam (kecuali Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang tutup pada saat Hari Raya Nyepi pada 29 Maret 2024).
Selain itu, diselenggarakan juga posko terpadu dengan mengerahkan hampir 17.000 personel tambahan guna memastikan keamanan dan keselamatan bagi penumpang.
Agar momen liburan semakin berkesan, di sisi kesiapan untuk destinasi wisata InJourney juga berkolaborasi dalam mengangkap trafik pergerakan wisatawan di destinasi wisata dengan menggelar sejumlah event dan program-program menarik.
Retna Murti selaku Marketing Group Head InJourney mengatakan bahwa kolaborasi ini adalah bentuk sinergi dari para stakeholders.
"InJourney Group melakukan kolaborasi dan sinergi dengan seluruh stakeholders untuk memastikan kesiapan dalam mendukung pengalaman perjalanan bagi wisatawan dan para pemudik lebih nyaman dan seamless dimulai dari bandara, layanan aviasi dan kebandarudaraan, hingga tiba di destinasi pariwisata," pungkasnya.
Selain itu, ia juga menegaskan bahwa di tahun ini libur lebaran merupakan periode yang krusial bagi sektor aviasi dan pariwisata karena akan menjadi puncak perjalanan udara dan mobilitas masyarakat yang tinggi.
Untuk itu, ia berharap beriringan dengan lonjakan tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
"Sektor aviasi dan pariwisata merupakan backbone of the Indonesia’s economic growth, sehingga dengan momentum libur lebaran ini adalah waktu yang sangat penting bagi para pelaku pariwisata karena dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan dan pertumbuhan industri aviasi dan pariwisata," ujarnya.
Melalui program "Kembali Fitri Sepenuh Hati", InJourney Hospitality ingin menghadirkan pengalaman liburan yang bermakna bagi para tamu.
Kini, seenggaknya sudah ada 38 properti yang terdiri dari 37 hotel, 1 lembaga pendidikan serta sebagai pemilik 13 portofolio hotel yang dikelola dan telah menyiapkan berbagai strategi untuk memastikan kesiapan seluruh unit hotel dalam mengantisipasi lonjakan wisatawan selama musim libur Lebaran 2025.
Berbagai persiapan untuk menghadapi puncak lonjakan wisatawan selama Idul Fitri Tahun 2025 pun sudah dilakukan dan diprediksi akan berada pada hari kedua Lebaran, yakni 1 April 2025.
Sebagai perbandingan, pada periode yang sama di tahun 2024, tingkat hunian hotel dibawah naungan InJourney Hospitality mencapai 77,9gan jumlah kamar terjual 3.623 lho Beauty!
"Selama dua hari perayaan Idul Fitri 2025, seluruh klaster hotel diperkirakan mengalami peningkatan tingkat hunian dimana tingkat hunian tertinggi di region Bali sebesar 81.2%, diikuti oleh Klaster Jawa dengan tingkat hunian sebesar 76.7%, dan Klaster Sumatera dengan tingkat hunian sebesar 75.4%, serta Klaster Kalimantan dengan tingkat hunian 71.4%," ujar Retna.
Tingkat hunian unit hotel dibawah naungan InJourney Hospitality diprediksi mengalami peningkatan sepanjang Idul Fitri Tahun 2025 dimana tingkat hunian tertinggi yaitu The Meru Sanur. Selanjutnya Merusaka Nusa Dua, Truntum Kuta, Inna Sindhu Beach Bali dan The Manohara Yogyakarta.
Untuk menyambut tingginya minat wisatawan, InJourney Hospitality menghadirkan berbagai program spesial, seperti paket menginap Hari Raya, Halal Bi Halal Buffet, hantaran Lebaran, serta berbagai promosi eksklusif melalui platform digital dan agen perjalanan daring.
Hal ini diprediksi berkontribusi positif terhadap peningkatan pendapatan Food & Beverage sebesar 34% di Libur Lebaran 2025 dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan ini mencerminkan optimisme terhadap pertumbuhan bisnis Food & Beverage pada Ramadan dan Idul Fitri 2025, didorong oleh meningkatnya konsumsi, strategi pemasaran optimal, serta potensi peningkatan jumlah pelanggan di berbagai operasional unit hotel.
Untuk membuat momen Lebaran lebih menarik dan hemat, ada beberapa promo yang bisa kamu nikmati nih Beauty!
InJourney Hospitality menghadirkan berbagai promo spesial di seluruh unit hotelnya, ada apa saja sih?
Dengan adanya beberapa promo yang bisa kamu nikmati, semoga pengalaman menginap yang nyaman dan berkesan bagi para tamu selama libur Lebaran ya!
“InJourney Hospitality berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan terbaik guna memastikan customer satisfaction. Dengan berbagai program unggulan dan promo spesial ini, kami berharap dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam merayakan momen kemenangan Idul Fitri bersama keluarga dan orang terdekat” Tutup Christine.
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.