Moms, seiring bertambahnya usia metabolisme tubuh pun ikut menurun. Itu menjadi salah satu alasan mengapa banyak para ibu yang mengalami berat badan berlebih.

Selain berolahraga, saat ingin menurunkan berat badan penting untuk mengonsumsi makanan serta minuman yang menyehatkan badan. Menurut Medical News Today, memilih minuman yang tepat dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi asupan kalori lho.

Nah, jika tertarik berikut adalah sederet minuman sehat yang akan membantu moms untuk bisa menurunkan berat badan:

Air Putih

Sudah jadi rahasia umum bahwa konsumsi air putih bisa menurunkan berat badan. Terlebih ketika air putuh diminum sebelum makan. Air membantu tubuh mengurangi 27.000 kalori setiap tahun, menjadikannya cara paling nyaman untuk mengurangi kalori dan gula.

Selain itu, hidrasi berfungsi untuk membakar kalori. Jika tujuan penurunan berat badan adalah untuk jangka panjang, menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah cara yang baik.

Jus Sayuran

Jus sayuran rendah kalori dan gula memberikan cara yang sehat untuk mengatur berat badan. Sayuran dengan kandungan serat tinggi seperti wortel, mentimun, seledri, dan kangkung merupakan resep yang patut dikonsumsi saat ingin menurunkan berat badan.

Sayuran dikemas dengan mineral dan vitamin penting yang membuat tubuh tetap berenergi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang saat melakukan aktivitas fisik yang berat. Jus sayuran juga menyegarkan, mempercepat pencernaan, dan membantu menahan nafsu makan.

Air Lemon dengan Biji Chia

Ingin menurunkan berat badan? Gak pakai ribet, moms! Kamu hanya membutuhkan segelas jus lemon segar, setengah sendok teh biji chia dicampur dengan satu sendok teh madu untuk menambah rasa. Ini adalah minuman berprotein tinggi yang membantu tubuh menurunkan berat badan dengan menjaga perut tetap kenyang dan meningkatkan imunitas lho. Dengan mengurangi rasa lapar, itu akan membuatmu kurang berselera untuk mengonsumsi makanan cepat saji serta makanan kalori atau makanan lemak lainnya.

Teh hijau

Jika ingin berhasil menurunkan berat badan, jangan lupa mengonsumsi teh hijau. Menurut Healthline, teh hijau mengandung bahan bioaktif termasuk kafein dan nutrisi yang membantu mengurangi kalori. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk minum teh hijau adalah ketika pagi hari sebanyak satu atau dua cangkir sebelum latihan fisik.

Teh Jahe

Selain olahraga dan mengonsumsi makanan sehat, ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa jahe akan mempercepat penurunan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan. Berkat kemampuan anti-inflamasi dan antioksidannya, jahe melindungi dari obesitas dan penyakit jantung kronis.

Baca Juga: Biar Enggak Cepat Haus, Sederet Minuman Ini Cocok untuk Sahur

Dengan bahan-bahan sederhana seperti jahe segar dan madu sekitar dua kali sehari, tubuh siap untuk mengurangi kelebihan berat badan. Sebagai variasi, kamu bisa menambahkan lemon atau sari apel ke dalam campuran.