Syifa Hadju (istimewa)
Beauty, siapa di sini yang suka merasa aktivitasnya terganggu karena menstruasi? Entah karena merasakan nyeri haid atau perasaan tak nyaman lainnya? Nah ternyata banyak perempuan merasakan hal yang sama, Beauty.
Meski begitu Beauty gak usah khawatir, menurut dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG – KFER, memang banyak perempuan love-hate relationship dengan menstruasi, tapi menstruasi pun bisa jadi momen penerimaan diri, asal kamu menjaga kebersihan organ intim dengan baik sehingga akan percaya diri dalam menjalankan aktivitas.
"Menstruasi itu benci tapi rindu, bagaimana menstruasi jadi penerimaan diri kita, penting banget untuk para perempuan menjaga kebersihan menstruasi sehingga percaya diri melangkah, mau sekolah pede, mau jalin komitmen pede, penting banget jaga kesehatan dan kebersihan agar bisa ekspresikan diri selama menstruasi," tutur sang dokter.
Bicara soal kebersihan organ intim selama menstruasi, memang tak jauh dari yang namanya pembalut. Nah Beauty, bertepatan dengan peringatan hari Kartini, merk pembalut wanita CHARM dari PT Uni-Charm Indonesia Tbk meluncurkan tagline baru ‘Ekspresikan Diri Tanpa Henti’ sebagai bukti komitmen Charm untuk terus mendampingi perempuan Gen Z Indonesia dalam mengekspresikan diri tanpa batas kapan saja dan di mana saja – bahkan saat menstruasi. Dukungan untuk semangat berekspresi tanpa henti kepada para perempuan khususnya Gen Z yang diusung oleh CHARM ini sejalan dengan semangat perjuangan R.A Kartini yang menyebarkan pesan-pesan inspiratif mendorong perempuan Indonesia untuk terus mengembangkan potensi diri. Melalui inisiatif ini, CHARM berharap dapat meneruskan perjuangan R.A Kartini dalam memajukan perempuan Indonesia.
Komitmen CHARM ini semakin diperkuat dengan fakta bahwa tingkat pengetahuan dan kesadaran wanita muda di Indonesia mengenai kesehatan reproduksi dengan mengganti pembalut secara teratur hanya sebesar 25%. Hal ini menunjukkan bahwa masih diperlukan inisiatif yang konsisten untuk meningkatkan kesadaran tersebut, dan edukasi terkait menstruasi menjadi hal yang penting.
Fakta ini menjadi urgensi bagi CHARM untuk mendorong perempuan Indonesia, khususnya Gen Z yang masih menjadi generasi paling aktif untuk memahami kebutuhan dasar mereka, termasuk menjaga kesehatan reproduksi, agar mereka dapat mencapai potensi diri secara maksimal melalui edukasi terkait perawatan menstruasi.
“Memahami dinamika kehidupan perempuan Gen Z di Indonesia adalah hal yang terpenting bagi CHARM,” menurut Wakil Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Mr. Takeyuki Matsuura, “Karena itu, CHARM sebagai merk pembalut wanita nomor 1 di Indonesia ingin memastikan bahwa menstruasi tidak menjadi penghalang bagi perempuan untuk berkarya dan beraktivitas. Dengan semangat tersebut, mulai bulan April 2025 ini kami meluncurkan brand message baru “Ekspresikan Diri Tanpa Henti.” Ini sekaligus menjadi wujud komitmen CHARM untuk mendukung para perempuan untuk meraih impiannya sekaligus merangkum perjalanan inovasi CHARM selama ini, relevansi kami di masa kini, dan aspirasi kami untuk masa depan untuk terus menginspirasi perempuan melalui produk-produk yang kami ciptakan. Tagline “Ekspresikan Diri Tanpa Henti” ini akan menjadi landasan CHARM untuk terus berinovasi dan menciptakan produk yang mendukung perempuan di setiap tahapan kehidupan.”
Syifa Hadju, Aktris dan Brand Ambassador CHARM, mengatakan “Aku ingin mengajak perempuan Gen Z Indonesia untuk berani dan percaya diri di setiap kesempatan seperti di sekolah, kantor dan berbagai kondisi lainnya. Karenanya, aku bersama CHARM akan terus menyuarakan Ekspresikan Diri Tanpa Henti. Sebagai perempuan kita harus berani menunjukkan kemampuan diri, dan memberikan yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan”.
Semangat tagline baru inilah yang juga dirasakan oleh Syifa Hadju. Dengan antusias, ia mengatakan, “Sebagai perempuan, aku percaya bahwa kebebasan berekspresi adalah kunci untuk mencapai potensi diri sepenuhnya. Aku senang karena CHARM membantuku meningkatkan rasa nyaman dan percaya diri, sehingga aku bisa fokus memberdayakan diri dan mengejar mimpi-mimpiku. Di hari Kartini ini, aku berharap semua perempuan Indonesia juga merasakan kekuatan untuk menjadi diri mereka yang terbaik.”
CHARM percaya bahwa setiap perempuan berhak untuk berkarya dan beraktivitas tanpa rasa khawatir. Untuk mendukung hal ini, CHARM selalu berinovasi melalui produknya yang disesuaikan dengan kebutuhan wanita Indonesia. Bagi konsumen di Indonesia, fungsi penting yang dibutuhkan di dalam pembalut adalah penyerapan yang baik, tidak membuat pengap, dan mencegah bau tidak sedap. Memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut sekaligus mewujudkan Ekspresikan Diri Tanpa Henti adalah hal yang penting.
CHARM menawarkan solusi-solusi diatas untuk mendukung para perempuan dalam mengekspresikan diri dan menghilangkan kecemasan saat sedang menstruasi. Di samping itu, di tahun 2025 CHARM juga melakukan pembaruan pada produk CHARM Cooling Fresh dengan sensasi dingin yang lebih lama. Melalui inovasi yang berkelanjutan ini, CHARM mendukung perempuan Indonesia untuk tetap aktif beraktivitas dalam meraih impian.
“Kami percaya bahwa perempuan Indonesia memiliki potensi yang tak terbatas, dan dapat dikembangkan lebih jauh lagi. Untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan tidak hanya produk tetapi juga berbagai inisiatif. Hingga saat ini CHARM telah melakukan berbagai upaya demi mendukung kesehatan dan kemajuan perempuan Indonesia, seperti edukasi SADARI (Periksa Payudara Sendiri) untuk mencegah temuan kanker payudara stadium lanjut bersama YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia) sejak 2021, edukasi kesetaraan gender kepada perempuan, kegiatan perayaan hari perempuan internasional, mendukung Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) dan lain-lain. Melalui berbagai inisiatif ini, kami berharap dapat berkontribusi pada perempuan Indonesia, sejalan dengan salah satu tekad yang terkandung dalam slogan perusahaan kami, Ethical Living for SDGs yaitu aktivitas masyarakat yang dikembalikan ke masyarakat,” ucap Mr. Takeyuki Matsuura.
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.