Poppy Dharsono selaku Ketua Umum APPMI dan Presiden Indonesia Fashion Week diapit keenam Icon IFW 2025. (istimewa)
Gelaran fashion besar Tanah Air, Indonesia Fashion Week (IFW) 2025 resmi akan digelar pada 28 Mei hingga 1 Juni 2025. Tahun ini, kampanye pengantar menuju perhelatan utamanya adalah "Ronakultura Jakarta" yang dipamerkan secara eksklusif di Menara Imperium, Jakarta.
Poppy Dharsono selaku Ketua Umum APPMI dan Presiden Indonesia Fashion Week yang hadir dalam acara peluncuran kampanye tersebur menegaskan bahwa fashion adalah elemen penting sebagai ekspresi budaya dan identitas, bukan hanya sekedan pemanis tampilan.
“Fashion bukan sekadar tampilan, tetapi bentuk ekspresi budaya dan identitas. Lewat Ronakultura, kami ingin memperlihatkan bagaimana Jakarta menjadi inspirasi sekaligus panggung bagi kreativitas yang terus berevolusi,” tuturnya.
Diketahui beberapa sosok penting hadir pula dalam peluncuran kampanye IFW 2025. Selain Poppy Dharsono, ada pula Andhika Permata selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, dan Ibu Yuke Sri Rahayu, S.Sos., M.A., selaku Deputi Bidang Kreatifitas, Budaya, dan Desain – Kementerian Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
Tema Ronakultura Jakarta sendiri diambil karena memiliki makna yang penuh optimis yakni gambaran semangat Jakarta sebagai kota dinamis, terus bergerak, dan penuh warna sebagai tempat budaya tradisional dan gaya hidup kontemporer saling bersilangan.
FYI nih Beauty, tema unik itu memiliki makna tersendiri yakni “Ronakultura” yang merupakan gabungan dari kata Ronak (semarak) dan Kultura (budaya), lho!
Diketahui bahwa ini adalah tahun kedua IFW dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta berkolaborasi dan mengangkat Jakarta sebagai tema yang besar.
Dulu pada tahun 2024 yang diangkat adalah budaya Betawi. Kini cakupannya mulai diperluas menjadi perayaan kota Jakarta sebagai megapolitan yang kreatif dan kosmopolitan.
Dijelaskan oleh Andhika Permata selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta bahwa dengan adanya kampanye ini bisa membuat posisi Jakarta sebagai ruang kreatif semakin kuat.
"Kami melihat Indonesia Fashion Week sebagai platform strategis untuk memperkenalkan Jakarta sebagai kota yang tidak hanya menjadi pusat ekonomi, tapi juga pusat kebudayaan dan gaya hidup. Kampanye Ronakultura memperkuat posisi Jakarta sebagai ruang kreatif yang terus berkembang dan terbuka untuk kolaborasi lintas sektor," pungkasnya.
Dalam peluncuran ini diketahui menghadirkan penayangan perdana video kampanye IFW 2025, mini talkshow, dan perkenalan Icons IFW 2025, di antaranya Jindan, Kayla, Reuben, Vebby, Dwiki, & Sophia, serta digelar sesi gathering mempertemukan pelaku industri kreatif, desainer, mitra, dan media.
IFW 2025 akan digelar selama lima hari penuh di Jakarta Convention Center (JCC), menampilkan lebih dari 200 desainer dan jenama lokal maupun internasional, serta berbagai program pameran, fashion show, talkshow, dan kampanye berkelanjutan.
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.