Menu

HERA, Chatbot AI Lokal Rasa 'Orang Jawa' yang Empatik dan Aman

04 Juni 2025 23:25 WIB
HERA, Chatbot AI Lokal Rasa 'Orang Jawa' yang Empatik dan Aman

Yuliana Agung-Indonesia CX Expert bersama para pemenang Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) 2025 (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Di tengah maraknya inovasi agen AI di berbagai sektor industri, HERA hadir dengan pendekatan berbeda.

Diketahui bahwa chatbot berbasis artificial intelligence (AI) ini tak hanya mengandalkan kecanggihan teknologi, tetapi juga mengedepankan empati, keamanan data, serta nuansa budaya lokal dalam interaksi dengan pengguna.

“Kalau dari HERA sebenarnya perusahaan lain kan memang perusahaan teknologi yang memberikan solusi customer service. Kalau kita adalah perusahaan customer service yang memberikan solusi teknologi,” ujar Joel Djuwadi, CEO HERA, dalam acara CXtraordinary Evening dan Tech Executive Award 2025 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta.

HERA dikembangkan oleh CARRE CX, perusahaan yang telah berkiprah selama 25 tahun di industri layanan pelanggan.

Joel bercerita bahwa sejak awal CARRE telah membangun parameter khusus untuk mengukur kualitas customer service di Indonesia dan kini nilai-nilai itu disuntikkan ke dalam sistem AI HERA.

“Jadi parameter kita sudah dipakai di beberapa enterprise, B2B, di banyak perusahaan yang lain. Yang sekarang kita menjadikan hal-hal seperti engagement, human touch menjadi parameter dan parameter itu kita telah masukkan di dalam Hera,” jelasnya.

Hasilnya, pengalaman berinteraksi dengan HERA terasa lebih manusiawi dan membumi.

"Supaya nanti HERA lebih sopan santun. Jadi kalau bicara dengan HERA itu seperti bicara dengan orang Jawa gitu, sopan santun. Seperti orang lokal," tuturnya.

Gak cuma mengedepankan pendekatan budaya dan empati lho, Beauty! Keamanan data juga menjadi prioritas utama HERA.

"Kita database-nya 100% lokal. Jadi salah satu SOP dari HERA, kita tidak akan pernah nyetor database dari klien sama enterprise. Kita cuma connect-nya dari API. Dan HERA sendiri posting kita di cloud kita di Indonesia juga," pungkasnya.

HERA menegaskan komitmennya sebagai solusi AI yang tidak hanya pintar, tetapi juga terpercaya dan relevan dengan konteks lokal.

Sekedar informasi, sejak diluncurkan pada November lalu, HERA telah menjangkau 10 brand dan mulai digunakan di berbagai industri, termasuk otomotif dan laboratory testing.

Baca Juga: AI SEA 2025: Saat Teknologi Canggih Bersatu Selamatkan Bumi dari Krisis Biodiversitas

Baca Juga: Revolusi Fashion Digital: Perfect Corp. Hadirkan AI Clothes Try-On untuk Transformasi Belanja Online

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan