Saat menjalin hubungan pernikahan, tentu banyak masalah yang akan dihadapi. Dengan masalah tersebut, justru cinta antara pasangan diuji kekuatannya. Tak jarang masalah-masalah dalam pernikahan menyebabkan perceraian.

Perceraian tentu jadi momok yang mengerikan. Bukan hanya pada suami istri yang menjalani biduk rumah tangga, melainkan juga untuk anak-anaknya.

Jika orang tuanya bercerai, tentu akan memberikan dampak yang serius bagi kehidupan anak-anak. Untuk itu, ketahui yuk beberapa sifat yang dimiliki anak ketika orang tuanya bercerai dilansir dari berbagai sumber:

1. Mandiri

Efek perceraian akan berbeda pada setiap anak. Pada dasarnya, perceraian cenderung mempercepat kemandirian anak. Ketika orang tuanya bercerai, anak akan kehilangan orang yang dipercaya. Biasanya mereka pun terbiasa melakukan urusannya sendiri.

2. Emosional

Saat mengetahui bahwa orang tuanya berpisah, anak pun merasa sangat marah dan kecewa. Di sisi lain, ia hanya anak-anak yang masih harus terlihat ceria ketika bermain dengan teman-temannya, harus fokus belajar di sekolahnya, dan aktivitas-aktivitas lain yang membuatnya tak bisa meluapkan amarahnya. Dengan begitu, biasanya anak-anak korban perceraian akan lebih emosional.

Baca Juga: Masih Banyak yang Belum Tahu Lho Moms, Ini Cara Membangun Hubungan yang Kuat dengan Anak