Moms mungkin pernah dinasihai keluarga atau kerabat untuk tak makan makanan pedas saat menyususi. Alasannya sih katanya kalau ibu menyusui makan makanan pedas bisa bikin bayi ikut sakit perut dan mencret. Mitos atau fakta ya?

Penjelasan yang lengkap diungkap dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A  dalam acara peluncuran buku terbarunya "MOMMYCLOPEDIA 456 ASI dan Menyusui" (06/02/2021). Dalam diskusi tersebut, wanita yang kerap disapa dokmet ini menjelaskan kaitan antara makan pedas dengan bayi mencret.

Menurutnya, nggak ada hubungan langsung antara makanan pedas dengan kondisi ASI. Apapun makanan yang dikonsumsi ibu menyusui, semuanya akan dicerna tubuh dan nggak ngaruh pada kualitas ASI.

Tetapi, Moms harus berhati-hati saat mengonsumsi makanan pedas. Hal ini karena makanan pedas mengandung zat capsaicin yang mungkin membuat Moms sakit perut hingga menyusui menjadi tak menyenangkan. 

Baca Juga: Busui Merapat, Ini Sederet Cara Menjaga Produksi ASI saat Bulan Puasa

Pada beberapa kasus, ketika bayi sensitif dan punya pencernaan yang kurang bagus, zat capsaicin ini bisa jadi penyebab si kecil mencret setelah disusui. Tetapi ini hanya pada beberapa kasus ajaya, Moms. Jadi, Moms gak perlu khawatir lagi untuk makan pedas selama menyusui.