Sebagai orang tua, tentu akan mencintai anak-anak lebih dari apapun. Setiap orang tua pasti ingin anak-anaknya tumbuh bahagia dan sukses. Salah satu cara untuk membuat anak sukses adalah dengan mengembangkan rasa percaya dirinya sejak kecil.

Ternyata quality time atau menghabiskan waktu bersama anak bisa meningkatkan rasa percaya dirinya lho. Untuk itu, para orang tua diharapkan bisa meluangkan waktu dari kesibukannya demi perkembangan anak.

Bagi seorang anak, harga diri mereka berasal dari seberapa besar dukungan, dorongan, dan cinta yang mereka terima dari orang-orang penting dalam hidup mereka, seperti orang tua dan keluarga.

Menurut para ahli di VeryWell Family, harga diri adalah komponen penting dari perkembangan anak secara keseluruhan. Faktanya, harga diri dan citra diri seorang anak berdampak langsung pada kesehatan emosional mereka. Anak-anak dengan harga diri yang sehat berkembang secara sosial dan akademis, belum lagi mereka lebih siap untuk menangani tantangan hidup dan menghindari tekanan dari teman sebaya.

Karena kebanyakan anak mengembangkan harga diri yang positif ketika mereka merasa dicintai dan dihargai oleh orang-orang di sekitar mereka, masuk akal jika waktu berkualitas bersama orang tua dan orang yang dicintai memainkan peran penting dalam mengembangkan harga diri anak yang berkaitan langsung dengan kepercayaan dirinya. Faktanya, ketika orang tua menghabiskan waktu berkualitas dengan anak, itu mengisyaratkan bahwa anak-anak sangat berarti bagi orang tuanya.

Selain itu, melakukan berbagai hal dengan anak Anda dapat membantu memperkuat rasa memiliki dan kebersamaan, yang juga baik untuk kepercayaan dirinya. Waktu berkualitas membantu anak merasa dilihat dan didengar, yang mengirimkan pesan kepada mereka bahwa keberadaan mereka itu penting.

Baca Juga: Ramadan Tinggal Menghitung Hari, Ini Hal-hal yang Harus Moms Perhatikan saat Anak Pertama Kali Puasa

Namun, Liz Greene dari Child Mind Institute menyebutkan bahwa anak-anak sangat perseptif, yang berarti mereka akan tahu jika orang tua enggak sepenuhnya fokus saat menghabiskan waktu bersama. Untuk itu, orang tua harus memastikan bahwa waktu berkualitas yang dihabiskan bersama anak-anak memberikan makna, salah satunya dengan mengurangi interaksi dengan ponsel.