Prioritas nomor satu bagi para ibu adalah kesehatan dan kesejahteraan anak-anaknya. Jika melihat anaknya batuk, bersin atau gejala aneh, pasti ibu langsung merasa cemas dan ingin segera memeriksakan buah hatinya ke dokter.

Sekarang, di era teknologi, orang tua mungkin memutuskan untuk mencari gejalanya di internet. Meskipun ini tak menjamin kebenarannya, informasi di internet dapat memberi ibu ketenangan pikiran untuk membaca cerita serupa sambil menunggu jadwal ke dokter.

Ada penyakit dan gejala yang umum terjadi pada anak-anak yang cenderung tak menyebabkan rasa takut yang berlebihan. Tetapi, banyak juga gejala yang mengkhawatirkan, salah satunya mungkin saat anak mengalami rambut rontok.

Sebagai orang dewasa, rambut rontok akan wajar terjadi, namun jika itu dialami anak-anak terlebih jika rambutnya rontok dalam jumlah yang banyak orang tua pasti akan sangat cemas. Tapi, apakah rambut rontok pada anak jadi sesuatu yang harus khawatirkan? Berikut hal-hal yang membuat rambut anak menjadi rontok:

Kekurangan Nutrisi

Menurut Healthline, rambut rontok pada anak-anak bukanlah hal yang jarang terjadi, namun berbeda dengan kerontokan rambut pada orang dewasa. Untuk mencari tahu mengapa anakmu mengalami kerontokan rambut, mungkin hal pertama yang bisa dilakukan orang tua adalah melihat asupan nutrisinya. Ini jadi cara sederhana untuk membantu anak memiliki rambut yang sehat.

Ketika anak-anak tak mendapatkan nutris yang cukup, tentu akan menyebabkan rambut rontok. Inilah sebabnya mengapa rambut rontok umum terjadi pada orang-orang yang menderita gangguan makan. Jika seorang anak kekurangan zat besi, seng, niasin, biotin, dan protein, mereka dapat mengalami kerontokan rambut.

Terjadi Gesekan

Ada hal-hal dalam hidup yang bisa menyebabkan rambut rontok yang bahkan mungkin tak disadari oleh ibu. Anak-anak biasanya kehilangan sebagian rambut karena gesekan yang ditimbulkan saat menggosokkan kepala pada permukaan tempat mereka berbaring.

Jika anakmu sering menggerakkan kepalanya saat tidur, hal itu dapat menyebabkan gesekan dan patah, yang sangat umum terjadi jika rambutnya diikat ekor kuda. Menjaga rambut dalam kuncir kuda yang ketat mungkin tampak seperti ide yang bagus, karena hal itu menjaga rambut mereka dari wajah dan tidak kusut, tetapi dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Oleh sebab itu, ibu harus untuk memastikan bahwa kuncir kuda dalam keadaan yang longgar, dan mengepang rambut anaknya untuk mencegah kerontokan rambut.

Baca Juga: Anak Mogok Makan? Mungkin Ini Penyebabnya, Perhatikan Ya Moms!