Berhubungan seks jadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu para pasangan. Pasalnya dengan berhubungan seks, masing-masing pasangan bisa mencurahkan rasa cintanya dan meningkatkan suasana hati.

Namun, ketika istri sedang hamil, suami cenderung khawatir untuk melakukan hubungan seks. Banyak yang bertanya-tanya apakah bercinta saat hamil aman untuk jabang bayi dalam kandungan?

Perlu diketahui bahwa seks selama kehamilan aman dilakukan dan juga sangat bermanfaat tak hanya bagi orang tuanya, tetapi juga bagi calon anak di dalam kandungan. Saat berhubungan seks, tubuh akan mengalirkan hormon perasaan-baik yang teratur, seperti hormon oksitosin, endorfin, prostaglandin. Saat hamil, hormon-hormon ini dibutuhkan untuk menjaga suasana hati para ibu serta membantu mengencangkan otot-otot rahim.

Selain itu, berhubungan seks juga dapat meningkatkan aliran darah. Peningkatan aliran darah ke rahim akan berdampak positif untuk bayi yang dikandung. Bayi akan menerima banyak oksigen dan nutrisi, mendorong perkembangan yang sehat di dalam rahim.

Lantas apakah boleh berhubungan seks saat hamil di trimester pertama?

Wajar bagi calon orang tua untuk mengkhawatirkan kehamilan terutama pada trimester pertama saat perkembangan utama bayi terjadi. Melansir Healthline (26/3/2021) aman untuk berhubungan seks selama 9 bulan kehamilan, termasuk trimester pertama kecuali dokter kandungan telah mengingatkan untuk istirahat berhubungan seks karena masalah kesehatan.

Otot-otot yang mengelilingi rahim wanita serta cairan ketuban di dalamnya membantu melindungi bayi saat berhubungan seks, dan lendir yang tersumbat pada pembukaan serviks mencegah kuman lewat. Paling terpenting bahwa penis enggal dapat menyentuh atau merusak rahim saat berhubungan seks.

Kemungkinan keguguran secara umum lebih tinggi selama trimester pertama dibandingkan dengan trimester lainnya. Tetapi penting untuk diperhatikan bahwa seks bukanlah penyebab keguguran. Sekitar setengah dari kasus keguguran terjadi karena kelainan kromosom yang berkembang selama pembuahan embrio.

Baca Juga: Ini Lho Ciri-ciri Hubungan yang Sehat, Hubungan Kamu Termasuk Nggak?

Intuisi memainkan peran yang sangat penting dalam hal seks selama kehamilan. Jika kamu ingin berhubungan seks dan rasanya menyenangkan, maka apa pun yang kamu pilih pasti aman baik itu seks anal atau oral. Lakukan apa pun yang kamu suka.