Saat awal menjalani hubungan, tentu semuanya terasa indah. Namun, seiring berjalannya waktu pasti ada saja cobaan dalam hubungan.

Cobaan tersebut bisa jadi karena baru mengetahui sifat dan karakter masing-masing pasangan. Banyak sifat atau karakter pasangan yang tak sesuai harapan atau ekspektasi sehingga menimbulkan kekecewaan.

Agar terhindar dari rasa kecewa akibat ekspektasi, Ayu Momalula sebagai penulis buku #JalanBareng yang kerap kali berbagi tips tentang hubungan rumah tangga pun membagikan kiat-kiatnya.

"Kalau masalah mengelola ekspektasi menurut aku yang pertama kita harus berkaca diri, jadi ibaratnya kita ngaca dulu nih terus kita belajar mengenal diri kita sendiri, mengenal karakter diri kita sendiri gitu. Apasih kelebihan kita, apa sih kekurangan kita," ujar Ayu saat live instagram bersama HerStory, Kamis (26/3/2021).

"Terus kita juga harus tahu sebenarnya kebutuhan yang kita butuhkan dari pasangan tuh seperti apa sih. Misalnya kita pendiem, berarti kita butuhnya sama laki-laki yang lebih berani sama laki-laki yang bisa inisiatif," lanjut Ayu.

Tak hanya itu, Ayu juga menyarankan untuk mencari pasangan yang sepadan. Hal itu penting dilakukan agar terhindar dari rasa kecewa saat berekspektasi ketinggian.

"Untuk itu, saat berekspektasi kepada pasangan carilah yang sepadan, sejajar, setara supaya semakin nyambung dan meminimalisir masalah. Ini penting banget supaya ekspektasinya enggak ketinggian," imbuh Ayu.

Baca Juga: Ini Sederet Cara yang Bisa Memperkuat Hubungan dengan Suami, Sudah Tahu Belum Moms?