Halo Moms yang suka kebingungan kenapa anaknya suka rewel, mudah ngambek, enggak bisa bersikap manis seperti anak-anak lainnya. Pastinya mau dong punya anak yang easy going?

Pernah enggak sih Moms bertanya-tanya, apa ya yang salah dari anak yang rewel? Kenapa ya, kok anak sepupu lebih mudah digendong, sikapnya manis, enggak mudah ngambek?

Manusia memiliki emosi, Moms, sekalipun anak-anak. Emosi yang disebut dengan tempramental ini memiliki kadar yang berbeda antara satu anak dengan anak lainnya.

Anak-anak sendiri justru enggak tahu, nih, kalau mereka sebenarnya memiliki kecendrungan temperamental yang tinggi. Apalagi anak balita yang memang masih harus banyak belajar tentang dirinya sendiri dan lingkungan.

Menurut seorang psikolog, Jovita Maria Ferliana, temperamental itu sendiri adalah karaktristik bawaan yang dimiliki seorang anak, digunakan untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungannya. Sifat temperamental itu merupakan sifat bawaan yang dimiliki oleh ayah dan ibunya, atau bisa jadi kakek dan neneknya, lalu menurun ke anak. Sifat temperamen yang dimiliki anak itu adalah hal yang baik. Hanya saja orang tua harus mengenali sifat tempramen kepada anak, mengajari mereka sifat-sifat yang baik agar mereka bisa mengontrol. 

Nah, caranya gimana, tuh? Semua harus dimulai dari diri sendiri. Moms bisa mencontohkan bagaimana cara untuk mengendalikan emosi, mengendalikan sifat temperamen yang ada supaya anak bisa mencontoh dengan baik pula.

Sering-sering juga mengobrol dengan anak. mengomunikasikan emosi untuk saling tahu apa yang dirasakan. Mengendalikan sifat tempramen juga bisa dilatih dengan latihan-latihan kecil dari rumah yang bisa melatih keterampilan serta kesabaran.