Moms, apakah kamu tengah mendapati anak-anakmu sulit untuk makan? Hal itu tentu sangat membuat para ibu khawatir dan cemas.

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga akan melewati fase tak mau makan dengan lahap. Banyak faktor yang dapat menyebabkan si kecil berperilaku seperti ini. Saat menghadapi situasi seperti ini, orang tua sangat disarankan untuk membina hubungan yang baik dengan anak demi memlancarkan komunikasi.

Jika para orang tua menyadari anaknya mogok makan, sebaiknya ketahui dulu yuk apa saja sih penyebabnya? Berikut rangkumannya:

Ngemil Terlalu Banyak

Salah satu alasan mengapa anak jadi malas makan karena sebelumnya ia telah ngemil sepanjang hari. Ngemi akan membuat anak kehilangan nafsu makan. Makanan ringan yang dicemil akan mengisi perut anak sehingga tak ada ruang untuk makanan apa pun yang telah ibu siapkan untuk makan berat.

Untuk itu, pastikan anak memiliki waktu di antara mengonsumsi camilan untuk membangun nafsu makan. Penting untuk memiliki rutinitas waktu makan yang jelas untuk memastikan tak ada ngemil sembarangan.

Baca Juga: 4 Penyebab Rambut Rontok pada Anak, Moms Perlu Khawatir Nggak Ya?