Wajar kok kalau setiap orang tua ingin selalu menjaga dan melindungi anaknya. Tetapi jangan sampai overprotektif karena bisa menganggu kesehatan dan mental anak!

Moms jangan sampai rasa sayang kamu terhadap anak berubah menjadi sikap overprotektif. Walaupun bertujuan baik, tetapi hal ini memberikan dampak negatif dalam jangka panjang bagi kesehatan dan mental anak.

Sikap overprotektif merupakan sikap berlebihan dari orang tua terhadap anaknya dengan tujuan melindungi dan menjaga anaknya. Salah satu contoh sifat overprotektif adalah Moms selalu mengawasi dan membatasi pergerakan anak.

Biasanya orang tua tipe overprotektif selalu menetukan pilihan untuk anaknya dan membuat peraturan yang ketat. Hal ini sangat menganggu kegiatan dan berpengaruh terhadap prestasi anak.

Sikap protektif memang membantu anak dalam jangka pendek. Namun jika Moms terlalu proteksi bisa meimbulkan dampak negatif bagi anak baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Dilansir dari berbagai sumber (29/03/2021), berikut dampak negatif bagi kesehatan dan mental anak akibat perlakukan overprotektif dari orang tuanya.

Baca Juga: Masih Banyak yang Belum Tahu Lho Moms, Ini Cara Membangun Hubungan yang Kuat dengan Anak