Moms bagaimana jika anak menjadi pribadi yang terlalu kompetitif, baik kah? Ini dia tanda-tanda anak terlalu kompetitif yang perlu Moms ketahui.

Moms menanamkan jiwa kompetitif dalam diri anak memang perlu. Tetapi jika anak menjadi pribadi yang terlalu kompetitif pun gak baik. Oleh karena itu, Moms perlu mengenali tanda-tandanya agar bisa mencegahnya.

Menurut Psikolog Anak dan Remaja mengatakan bahwa anak itu gak terlahir kompetitif. Dorongan kompetisi adalah hal yang dipelajari anak dari lingkungan sekitarnya. Jika anak tumbuh dengan jiwa kompetitif, maka itu adalah buah yang diperoleh dari apa yang ditanamkan oleh sekitarnya.

Sebenarnya memiliki jiwa kompetitif dalam diri anak pun perlu. Jiwa kompetitif dapat membuat anak merasa percaya diri, tetapi jika sudah berlebihan justru membahayakan dirinya sendiri dan orang lain.

Anak yang memiliki jiwa kompetitif secara berlebihan selalu merasa ingin menang sendiri. Bahkan dia akan melakukan berbagai cara untuk mengalahkan orang lain. Hal inilah yang gak baik bagi kesehatan mental anak dan memberikan efek samping hingga anak dewasa nanti.

Dilansir dari berbagai sumber (30/03/2021), berikut tanda-tanda anak terlalu kompetitif yang perlu Moms ketahui.

Baca Juga: Ramadan Tinggal Menghitung Hari, Ini Hal-hal yang Harus Moms Perhatikan saat Anak Pertama Kali Puasa