Banyak orang tua yang merasa aman bahwa anaknya aman ketika bermain gawai atau komputer. Padahal, hal tersebut belum tentu membuat anak lebih aman dari dampak negatif dunia maya.

"Orang tua jangan senang, jangan merasa aman kalau anaknya di rumah terus, di kamar terus," kata Lies Rosdianty, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi, dan Partisipasi Anak KPPPA seperti dikutip dari berbagai sumber, (30/03/2021).

Penggunaan komputer atau laptop di kamar anak membuat orang tua menjadi lebih sulit dalam mengawasinya. Bahkan, tak jarang mereka marah ketika orang dewasa masuk ke dalam ruangan tersebut.

Hal penting yang harus orang tua perhatikan saat ini adalah pengawasan. Misalnya saja tentang permainan. Masih banyak ditemukan masalah anak yang terkait dengan permainan video gim.

Kecanduan gawai akan membuat anak menarik diri dari lingkungan di sekitarnya. Dampaknya, anak mungkin akan kesulitan untuk bersosialisasi atau bergaul dengan teman sebayanya di kehidupan nyata. 

Baca Juga: 3 Cara Memancing Anak Pendiam untuk Menceritakan Emosinya

Duduk di depan komputer terlalu lama juga bisa menyebabkan kerusakan pada mata anak. Terlebih lagi aktivitas fisik yang berkurang bisa membuat pertumbuhan anak menjadi terhambat.