Punya anak lebih dari satu adalah anugerah yang diberikan Tuhan. Kata orang, banyak anak banyak rezeki, begitu juga dengan tantangan yang dihadapi. 

Rumah yang ramai dengan anak-anak memang asik. Apalagi jika Moms baru saja melahirkan seorang anak bayi, betapa senang si kakak yang akhirnya mempunyai adik.

Namun, di samping rasa bahagianya, enggak menutup kemungkinan, lho, jika anak yang lebih tua merasa cemburu karena kasih sayang orang tuanya terbagi. 

Mungkin Moms enggak berniat untuk membeda-bedakan rasa kasih sayang, tetapi apa yang dirasakan anak yang tadinya adalah anak tunggal bisa merasakan adanya perbedaan perhatian. 

Jika Moms ingin menambah anak dan khawatir anak yang lebih tua merasa demikian, ada baiknya Moms dan pasangan mempelajari cara berkomunikasi dengan baik kepada anak agar maksud yang disampaikan dapat dimengerti tanpa ia merasa adanya perbedaan kasih sayang dengan adiknya yang baru atau hendak lahir.

Komunikasi dengan tuntas

Komunikasi dengan tuntas yang dimaksud adalah, berikan anak pengertian secara jelas dan detail. Seperti ketika Moms ingin anak yang lebih tua agar mengalah dengan adiknya, jangan sampai si kakak merasa dikesampingkan dan dituntut harus terus mengalah.

Berikan penjelasan kepada anak bahwa selama ini ia pun sudah cukup diberikan perhatian dengan disekolahkan di tempat yang bagus, misalnya. Dibelikan komputer untuk belajar atau hal lainnya sampai anak merasa bahwa kasih sayang orang tuanya sudah terbagi merata.

Baca Juga: Masih Banyak yang Belum Tahu Lho Moms, Ini Cara Membangun Hubungan yang Kuat dengan Anak