Siapa yang nggak suka buah semangka? Buah berwarna merah ini mengandung banyak cairan yang bermanfaat untuk tubuh. Semangka sebenarnya adalah buah yang serbaguna dan sangat menyehatkan jika rutin dikonsumsi, terlebih untuk ibu hamil.

Semangka diketahui bisa meredakan mulas dan mengurangi pembengkakan pada ibu hamil. Ini karena kandungan airnya yang tinggi hingga 92 persen dan gula dalam buah ini dapat membantu meringankan mual di pagi hari atau morning sickness. Selain itu, mineral yang terkandung dalam buah semangka dapat membantu mencegah kram otot pada trimester ketiga masa kehamilan.

Kandungan likopen dalam semangka juga bermanfaat sebagai antioksidan yang melindungi tubuh terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi dan secara alami meningkatkan SPF kulit.

Melansir parents (31/3/2021) sebuah studi di International Journal of Gynecology and Obstetrics menemukan bahwa suplemen likopen harian mengurangi kejadian preeklamsia hingga 50 persen. Terlebih lagi, para ilmuwan menemukan bahwa semangka mengandung vitamin A, C dan B6, serta kalium dan magnesium. Nutrisi ini penting untuk perkembangan penglihatan, otak, saraf, dan sistem kekebalan janin. Kalium bermanfaat bagi bumil untuk mengatur keseimbangan air dalam darah dan jaringan tubuh selama kehamilan.

Baca Juga: Labil dan Sensitif, Ini yang Harus Suami Pahami Ketika Menghadapi Bumil

Dengan manfaat kesehatan yang berlimpah dan rasa menyegarkannya, semangka adalah salah satu paket nutrisi paling sempurna bagi ibu hamil.