Sebagai orang tua, pasti ingin anak-anaknya bisa tumbuh dengan baik. Segala cara pun dilakukan demi menunjang perkembangan anak.

Namun, hal yang sering diabaikan orang tua adalah pertengkaran yang terjadi di dalam rumah bisa mempengaruhi kehidupan anak di masa yang akan datang lho. Melansir parents (31/3/2021) studi menunjukkan bahwa anak-anak yang sering melihat orang tua bertengkar akan berdampak buruk pada perkembangan sosial dan perilakunya. Ditambah lagi, sering melihat pertengkaran orang tua dapat merusak kepercayaan diri anak-anak dan memicu kesedihan, kecemasan, serta ketakutan.

"Anak-anak sangat pandai memahami bagaimana orang tua berinteraksi satu sama lain, jadi sangat penting bagaimana orang tua mengekspresikan dan mengelola masalah kehidupan sehari-hari karena itu menentukan kepercayaan anak terhadap stabilitas dan keamanan keluarga mereka," kata Kopystynska dilansir dari makalah Journal of Family Psychology.

Baca Juga: Masih Banyak yang Belum Tahu Lho Moms, Ini Cara Membangun Hubungan yang Kuat dengan Anak

Orang tua harus menyadari bagaimana berinteraksi satu sama lain dan menangani pertengkaran dengan cara yang membuat anak merasa aman. Orang tua juga harus mengingat bahwa anak-anak akan memiliki masalah sendiri, menghadapi beberapa konflik sebenarnya dapat bermanfaat, karena itu mengajarkan anak-anak bagaimana menanganinya secara konstruktif.