Keuangan jadi salah satu masalah yang sensitif. Aspek ini juga bisa membuat perpecahan dalam rumah tangga.

Faktanya sudah memutuskan untuk berkomitmen melalui pernikahan bukan berarti tak akan ada masalah yang dihadapi. Malah masalah uang akan mulai menghampiri ketika masuk ke dalam pernikahan. Untuk menghindari perpecahan akibat keuangan, berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan:

1. Kenali dan Hargai Perbedaan

Perlu diketahui bahwa pria dan wanita itu berbeda. Namun, menjadi berbeda bukan hal buruk terlebih soal masalah keuangan.

Untuk menghindari pertengkaran terkait masalah keuangan, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyadari perbedaan dan juga menghargainya. Gunakan itu untuk menjaga keseimbangan selama membicarakan uang dengan pasangan.

Ketika pasangan memiliki pandangan yang berbeda tentang mengelola uang, kamu jangan langsung menghakiminya. Coba untuk buka komunikasi yang baik agar bisa saling memahami.

2. Jadwalkan Waktu untuk Bicarakan Masalah Keuangan

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir bertengkar karena masalah uang dengan memiliki waktu untuk membicarakannya bersama pasangan. Meski jarang dilakukan oleh pasangan, hal ini terbukti bisa mengurangi gesekan yang terjadi di dalam rumah tangga lho.

Kamu bisa mencoba jadwalkan misalnya setiap akhir bulan membicarakan anggaran yang telah dikeluarkan, atau tagihan di bulan depan yang harus dibayar. Dengan cara ini, komunikasi antara suami dan istri akan lebih terbuka terutama tentang masalah keuangan.

3. Jujur soal Utang

Baca Juga: Ini Sederet Cara yang Bisa Memperkuat Hubungan dengan Suami, Sudah Tahu Belum Moms?

Utang menciptakan pertengkaran dalam rumah tangga. Banyak kasus perceraian yang disebabkan oleh utang. Oleh sebab itu, penting untuk jujur soal utang dengan pasangan. Terlebih ketika sudah berada dalam hubungan rumah tangga.